UJI KOMPETENSI DOSEN
Iffatunnida Rabu, 14 Maret 2018 . in Berita . 277 views
1426_ujikom.jpg

GEMA-Guna menunjang peningkatan kompetensi dosen, Lembaga Penjaminan Mutu dan Pendidikan (LPMP) UIN Malang mengundang Dosen PNS dan Dosen tetap non-PNS dalam Pelatihan Pengembangan Kompetensi Pedagogi, Selasa (13-19/3). Acara ini ditujukan untuk mempersiapkan para dosen sebagai pengembang akademis mahasiswa.
Acara dilaksanakan seminggu dengan pembagian tiga tempat. Kelas A dilaksanakan di Rumah Jurnal Perpustakaan, kelas B di Aula Micro Teaching, dan kelas C di Aula Fakultas Humaniora.
Wakil Rektor 1 Dr. Zainuddin menegaskan kembali tugas dan kewajiban dosen. Ia juga menekankan pentingnya memiliki kepribadian yang baik bagi seorang dosen. “Hal terpenting dalam dunia pendidikan adalah figur seorang dosen atau guru,” jelas pria berkacamata tersebut.
Ia mencontohkan figur-figur guru dan filosof muslim. Seperti Ibnu Taimiyah, Ibnu Khaldun, dan Ibnu Rumi. Menurutnya, tak hanya pengetahuan yang diutamakan bagi dosen di UIN Malang, “Namun juga bagaimana menerapkan metode pendidikan yang Islami selama di kelas bersama mahasiswa,” jelasnya.
Di akhir pemaparan, ia berharap agar para dosen di Kampus Ulul Albab tidak sekedar memberikan informasi baru terhadap mahasiswanya. Namun, dapat memberikan pengajaran, pembentukan karakter, pembiasaan, pengarahan, pengawalan, pelatihan, penugasan, dan diikuti dengan uswatun hasanah.
Dalama acara tersebut, para dosen tak hanya mendapatkan materi dan mempraktikkan teknik mengajar di depan tim ajar. Mereka juga harus menyelesaikan penyusunan modul sesuai konsentrasi jurusan untuk mendapatkan sertifikat kelulusan. (ofi/nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144 Telp. +62 (341) 551-354
keyboard_arrow_up