HUMANIORA: TANGGAPI BERITA HOAX
Iffatunnida Rabu, 15 Agustus 2018 . in Berita . 654 views
1572_pbakhum.jpg
KRITIS: Ngainun Na’im menekankan pentingnya bersikap kritis menanggapi segala informasi yang tersebar di medsos

GEMA-Rangkaian PBAK 2018 hari kedua hingga keempat diatur langsung oleh tiap fakultas. Fakultas Humaniora membahas fenomena berita palsu (hoax) dengan menghadirkan Dosen IAIN Tulungagung Dr. Ngainun Na’im sebagai pemateri, Rabu (15/8). Materi ini dipilih berdasar tema besar universitas yang mengusung anti radikalisme, termasuk hoax.
Maraknya media sosial di kalangan generasi muda tidak diimbangi dengan kecerdasan dalam pemakaiannya. Akibatnya, banyak informasi tak terpercaya yang tersebar tanpa sumber jelas. “Bersikap kritis untuk setiap informasi yang kalian terima. Jangan ditelan mentah-mentah,” sarannya.
Karena, lanjut Na’im, berita hoax yang terlanjur tersebar akan sangat sulit dihentikan. “Bahkan meluruskan kebenarannya pun butuh waktu lama,” imbuh Pria berusia 43 tahun ini. Mengecek orisinalitas hingga teori suatu informasi diperlukan agar pengguna medsos makin bijak.
Penulis The Power of Reading ini lalu menceritakan pengalamannya mengawali dunia literasi. Ia tertarik dengan tulisan sejak menggeluti literasi Bahasa Jawa. Sejak menempuh studi sarjananya, ia mulai mencoba menulis artikel untuk beberapa media cetak. “Setelah sekitar 21 kali penolakan, artikel pertama saya pun terbit,” kisahnya.
Alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta itu melanjutkan, terbitan awal itu lah yang membangkitkan semangat dan percaya dirinya dalam berkarya. Hasil karyanya pun ia gunakan untuk membayar biaya studi magisternya secara mandiri. (ilm/nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up