AJAK MASYARAKAT HALMAHERA BARAT UNTUK MERAWAT KEBHINEKAAN
Abadi Wijaya Kamis, 21 Juli 2022 . in Berita . 375 views
4111_kkn.jpg
KKN UIN Maliki Malang memberikan pendampingan kepada masyarakat


HUMAS-Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara Moderasi Beragama diselenggarakan di Kabupaten Halmahera Barat Maluku Utara, mulai tanggal 19 Juli-28 Agustus 2022. Tema “Merajut Multikulturalisme di Indonesia” diikuti sekitar 100 mahasiswa dari beberapa kampus PTKIN dan PTKIS termasuk dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Penyambutan peserta KKN Nusantara dilakukan di Kantor Bupati Halmahera Barat oleh Lalu Julius Marau, Asisten 1 Bupati Halbar (21/7/22). “Kami menyambut baik kehadiran adik-adik mahasiswa KKN untuk ikut berpartisipasi mengembangkan potensi sumber daya manusia di Halmahera Barat yang kekayaan alamnya indah dan melimpah. Inovasi dan kreatifitas kalian sangat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.” Ujarnya. Ia menjelaskan bahwa kondisi masyarakat Halmahera Barat sangat plural, semua agama ada dan hidup berdampingan. “KKN kolaborasi ini sebagai wujud nyata pengabdian mahasiswa dalam memperkuat persaudaraan dan memperkokoh moderasi beragama di tengah keberagaman masyarakat” Ujarnya lagi.
Kegiatan KKN ini dilaksanakan di Desa Peot, Desa Akelamo, Desa Taruba, Desa Biamaahi, Desa Sidangolidehe, dan Desa Bangkit Rahmat. Adapun delegasi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ditempatkan di Desa Peot, Kecamatan Sahu, Kabupaten Halmahera Barat. Kondisi masyarakatnya memeluk agama Islam dan Kristen, memiliki kekayaan alam laut dan perkebunan.
Hari pertama menginjakkan kaki di Desa Peot, peserta KKN Mengadakan silatuurahim ke perangkat Desa dan beberapa tokoh masyarakat. Tujuannya untuk memperkenalkan diri, menggali sumber informasi dan memetakan program kegiatan apa saja yang memungkinkan untuk dilaksanakan dan memberikan manfaat pada masyarakat.
Melalui informasi dari berbagai sumber, maka bentuk kegiatan bisa dipetakan dalam beberapa hal; kegiatan sosial, pendidikan, perekonomian, keagamaan. Dalam kegiatan keagamaan bentuk programnya memberikan pelatihan membaca al-Qur’an. Kegiatan diikuti oleh ibu-ibu dan dilaksanakan setiap sore setelah sholat ashar di musholla dan masjid Desa. “Kami senang kedatangan para mahasiswa KKN di kampung ini, kami bisa belajar tentang al-Qur’an dan pendalaman tentang agama” ujar salah satu peserta kegiatan yang tidak bersedia disebut namanya.
Disamping kegiatan rutin mengaji al-Qur’an, juga dilaksanakan mengajar di sekolah dasar di Desa Peot. Dalam kegiatan sosial peserta KKN juga dilibatkan, termasuk membersihkan dan mengecat Gereja di Halbar. “Saya senang sekali dapat melaksanakan pengabdian masyarakat di Halmahera Barat yang masyarakatnya majmuk dengan berbagai macam suku dan budaya. Banyak hal baru yang bisa saya gali, kekayaan alamnya melimpah, suku dan budaya masyarakatnya warna warni “ujar Kharisma Derilla Hariria, delegasi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Syaiful Mustofa)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up