Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Kunjungi Deakin University di Melbourne
Abadi Wijaya Sabtu, 16 September 2023 . in Berita . 392 views

 

5989_rektor.jpg

 

HUMAS UIN MALANG-Melbourne, 16 September 2023 - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA, beserta timnya melakukan kunjungan penting ke Deakin University di Melbourne, Australia. Kunjungan ini bertujuan untuk mengembangkan program akademik dan meningkatkan internasionalisasi lembaga.
Dalam kunjungannya yang padat aktivitas, Prof. Zainuddin tidak melewatkan momen berharga tersebut tanpa mengabadikannya dalam sebuah catatan perjalanan yang menarik. Ia dengan teliti mencatat semua hal yang ia temui, tempat yang dikunjungi, dan orang-orang yang ditemuinya selama perjalanan di Melbourne.
Kunjungan dimulai pada Sabtu, 16 September 2023, ketika Prof. Zainuddin bersama tim Pusat Pengembangan Bahasa Inggris (PKPBI) UIN Malang di bawah kepemimpinan Prof. Abdul Hamid berangkat dari Malang menuju Melbourne. Mereka terbang dengan Citilink dari Bandara Juanda pada pukul 14.20 dan tiba di Bandara Cengkareng. Dari Cengkareng, perjalanan dilanjutkan dengan Garuda Airlines pada pukul 21.00 menuju Melbourne. Mereka tiba di Bandara Melbourne pada hari Minggu pukul 03.00 WIB atau 06.00 waktu Australia.

5990_bareng.jpg


Setibanya di Melbourne, tim UIN Malang disambut oleh petugas dengan mobil Van Mercy yang mengantarkan mereka ke Mercure City Center Hotel tempat mereka menginap. Setelah sarapan, mereka beristirahat sejenak sebelum melanjutkan agenda kunjungan.
Pada pukul 12.40 waktu setempat, mereka diajak untuk makan siang di sebuah restoran seafood di kawasan Chinatown Melbourne. Setelah makan siang, mereka menjelajahi beberapa kawasan bersejarah di Melbourne, termasuk Royal Stone, pusat perbelanjaan, Katedral, dan taman bunga di kawasan City Bypass.
Salah satu momen menarik terjadi saat mereka berada di depan Katedral St. Paul. Mereka bertemu dengan seorang pria berpakaian rapi yang mengajak mereka masuk ke dalam gereja. Pria tersebut ternyata adalah seorang misionaris bidang hukum, dan mereka berbincang tentang aktivitas gereja sambil mengamati ibadah Minggu yang berlangsung. Mereka juga berdiskusi tentang harmoni dalam beragama sebelum melanjutkan perjalanan mereka.

5991_maneh.jpg


Pada malam harinya, tim UIN Malang beristirahat untuk menyambut agenda kunjungan ke Deakin University pada hari berikutnya. Hari Senin, 19 September 2023, setelah sarapan pagi, mereka mengunjungi Deakin University di Burwood, lokasi yang cocok untuk pendidikan tinggi.
Di sana, mereka diterima oleh Dr. Alister, seorang dosen bahasa Inggris yang fasih dalam bahasa Indonesia dan pernah tinggal di Pesantren Genggong selama dua tahun. Mereka juga bertemu dengan Dr. Zohar, seorang dosen senior Bahasa Arab dan studi Islam dari Timur Tengah.
Selama pertemuan, mereka membahas agenda akademik kampus dan potensi kerjasama antara kedua universitas. Mereka juga mendiskusikan pembelajaran bahasa di Deakin University.
Kunjungan berlanjut dengan pertemuan bersama Angelia Moral, General Manager English Language Institute Deakin International, yang membahas lebih lanjut tentang pembelajaran bahasa Inggris dan kemungkinan kolaborasi dalam program-program pendidikan.
Pada pukul 13.30, mereka melakukan pertemuan dengan Associate Professor Bonnie Yim, Associate Dean (International and Engagement), untuk membahas agenda lanjutan dan berbagai aspek kerja sama, termasuk bidang akademik, kelembagaan, pertukaran mahasiswa, dan kunjungan profesor.
Selasa, 19 September 2023, agenda mereka mencakup berbagai kegiatan seperti lokakarya bahasa Inggris, pendekatan pedagogis inovatif dalam pengajaran bahasa, dan pengamatan dalam kelas bahasa, jika jadwal memungkinkan.
Kunjungan ini diharapkan dapat memperkuat kerja sama antara UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan Deakin University dalam bidang akademik dan internasionalisasi lembaga serta mempromosikan pertukaran ilmu dan budaya antara kedua universitas.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up