Penutupan Pembekalan dan Pelepasan Peserta Student Exchange UIN Malang 2023
Abadi Wijaya Selasa, 31 Oktober 2023 . in Berita . 323 views
6149_ecx.jpg

HUMAS UIN MALANG - Dalam upaya percepatan internasionalisasi kampus, UIN Malang menyelenggarakan kegiatan Student Exchange yang ditujukan bagi seluruh mahasiswanya.

Proses seleksi peserta Student Exchange telah dilaksanakan sejak bulan Juni lalu dan menghasilkan 19 orang mahasiswa yang nantinya akan mewakili UIN Malang di kampus tujuan, yaitu di Ondokuz Meyiz Üniversitesi di Samsun, Turki.

Persiapan keberangkatan telah dilaksanakan sejak bulan Juni lalu hingga bulan Oktober ini, meliputi pembekalan bahasa asing (Arab dan Inggris), pembekalan penulisan karya tulis ilmiah, serta pemahaman lintas budaya (cross culture)

Tepat pada hari ini, Selasa (31/10/23), dilaksanakan penutupan pembekalan dan pengarahan serta pelepasan kepada para mahasiswa peserta Student Exchange UIN Malang 2023.

6150_exc.jpg

Rektor UIN Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA., menyampaikan pesan-pesan dan arahan kepada para peserta, dan berharap seluruh kegiatan dapat berjalan dengan aman dan lancar. "Saya yakin, empat bulan pembekalan yang telah dilaksanakan ini sudah menjadi modal yang cukup untuk para mahasiswa mengikuti program Student Exchange. Karena ini adalah Student Exchange, maka harapannya adalah ada mahasiswa dari kampus tujuan yang nantinya akan juga datang ke UIN Malang," ucap beliau.

Di samping itu, beliau juga menekankan kepada para mahasiswa untuk selalu menulis laporan harian dan mengikuti kegiatan dengan baik, khususnya pada kegiatan-kegiatan scientific meeting.

6152_exc.jpg

Program Student Exchange 2023 ini adalah program student exchange pertama yang diselenggarakan oleh UIN Malang di bawah naungan Project Management Unit (PMU) UIN Malang.

Sehubungan dengan hal ini, Ketua Senat UIN Malang, Prof. Dr. H. A. Muhtadi Ridwan, M.Ag., menyampaikan kepada para peserta untuk mengikuti program ini dengan serius dan selalu menjaga almamater dan nama baik kampus Ulul Albab tercinta." Dimanapun berada, kita harus menjaga etika, salah satunya adalah etika berkomunikasi dan etika dalam kegiatan apapun," pesannya.

6151_exc.jpg

Kegiatan Penutupan Pembekalan dan Pelepasan Peserta Student Exchange UIN Malang 2023 ini diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Wakil Rektor 4 Bidang Kerjasama dan Pengembangan Kelembagaan, Dr. KH. Isroqunnajah, M. Ag., yang kemudian juga menyampaikan arahan kepada para peserta Student Exchange untuk selalu membawa data diri seperti paspor ketika bepergian di negara tujuan. "Sebagai bukti bahwa kita bukan pendatang illegal," ujar beliau.
Sebelum sesi foto bersama, para peserta Student Exchange menampilkan persembahan berupa Tari Kreasi Medley Nusantara, yang nantinya akan ditunjukkan dalam Culture Exhibition di kampus tujuan. Semoga kegiatan Student Exchange berjalan dengan lancar dan memberikan banyak manfaat bagi para mahasiswa dan bagi Kampus UIN Malang tercinta.

Reporter: Nyiur Salsabila
Fotografer: Jajang Oghi
Editor: Edy Hyto

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up