DWP UIN Malang Peringati Nuzulul Qur'an: Internalisasi nilai-nilai Qur'ani dalam Keluarga
Abadi Wijaya Rabu, 27 Maret 2024 . in Berita . 191 views
7034_dwp.jpg


HUMAS UIN MALANG-Dharma Wanita Persatuan (DWP) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang diketuai oleh Dra. Hj. Shofiyah Zainuddin kembali menyemarakkan bulan Ramadan dengan memperingati Nuzulul Qur'an di gedung Halaqah, pada Rabu, 27 Maret 2024. Acara yang mengusung tema "Internalisasi nilai-nilai Qur'ani dalam Keluarga" ini bertepatan dengan tanggal 17 Ramadan 1445 H, di mana Al-Qur'an turun pada bulan suci ini.
Dalam sambutannya, Ketua DWP mengajak seluruh anggota DWP bisa menghadirkan Al-Qur'an dalam rumah tangga sebagai tanda keagungan bulan Ramadan tidak hanya menjadi tradisi, tetapi juga merupakan kewajiban bagi umat Muslim untuk menghiasi rumah dengan lantunan bacaan Al-Qur'an. "Selain itu, nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur'an pun patut diinternalisasikan dalam kehidupan sehari-hari," ajaknya.

7036_ibu.jpg


Untuk memperdalam pemahaman akan nilai-nilai Al-Qur'an, DWP UIN Malang telah mengundang Mudirul Makhad al Aly Kiai Ahmad Izzuddin, M.H.I sebagai pembicara dalam acara Nuzulul Qur'an ini. "Semoga kegiatan ini diharapkan akan memberikan wawasan yang mendalam bagi para peserta," harap Ibu Shofiyah.
Mengakhiri sambutannya, Ketua DWP juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota DWP UIN Maliki Malang yang telah kompak dan aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan di bulan suci Ramadan ini, termasuk kegiatan bazar sembako murah pada 3 Maret 2024. "Semoga Allah SWT senantiasa memberikan berkah dan ridhonya kepada kita semua," doanya sembari diamini seluruh anggota DWP yang hadir.
Dalam ceramahnya Kiai Ahmad Izzuddin mengajak seluruh anggota DWP yang hadir untuk kembali mengingat sejarah penting yang terjadi pada bulan suci Ramadan mulai dari turunnya Al-Qur'an hingga wafatnya sayidah Khodijah istri baginda Rasulullah. "Ini merupakan gambaran kehidupan di dunia, ada kebahagiaan dan juga ada kesedihan," jelasnya.

7035_yoi.jpg


Kejadian ini tentu bisa diambil pelajaran bagaimana ajaran yang terkandung dalam Al-Qur'an bisa di internalisasi kan dalam kehidupan keluarga. "Khususnya generasi sekarang ini generasi yang sangat rapuh sekali, dan ini menjadi tanggung jawab kita semua untuk mendidik mental dan menjadi orang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah," ajaknya.
Beliau juga menjelaskan bahwa Iman itu berkaitan dengan perasaan dan akal, sedangkan taqwa itu berkaitan dengan perilakunya. Oleh karena itu, tugas orang tua mendidik anak-anak nya harus bisa mendekatkan mereka kepada iman dan taqwa kepada Allah SWT. "Saya yakin ibu dharma wanita UIN Malang bisa melaksanakan ini dengan penuh cinta kasih yang luar biasa," paparnya.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up