Rektor UIN Malang Ajak Dosen dan Tenaga Kependidikan Peringati Nuzulul Quran di Islamic Town Center
Abadi Wijaya Kamis, 4 April 2024 . in Berita . 192 views
7045_121.png

HUMAS UIN MALANG - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA mengajak seluruh dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan kampus untuk hadir langsung di Islamic Town Center (ITC) yang berada di kampus III Kota Batu. Acara ini bertujuan untuk memperingati Nuzulul Quran sekaligus menjalin kebersamaan dalam buka bersama. Rabu, 4 April 2024.
Dalam peringatan yang bertepatan pada tanggal 17 Ramadan 1445 H tersebut, Prof. Zainuddin ditunjuk langsung sebagai penceramah. Beliau menekankan makna dan pentingnya Ramadan sebagai bulan mulia yang penuh maghfiroh. "Segala amalan yang dilakukan akan dilipatgandakan, namun ini adalah seruan yang dikhususkan bagi orang-orang Islam yang beriman," ujarnya.

7046_2123.png


Ramadan, bulan di mana Al-Quran diturunkan ke langit bumi, merupakan momen yang istimewa bagi umat Islam. Rektor Najib Azca menjelaskan bahwa dalam peristiwa Nuzulul Quran ini, Allah SWT meminta kepada Malaikat Jibril untuk menyampaikan wahyu kepada Nabi Muhammad SAW secara berangsur-angsur.
"Peringatan Nuzulul Quran ini bukan hanya mengingatkan kita akan sejarah penting, tetapi juga menjadi momen untuk meningkatkan keimanan kita sebagai umat Islam," tambahnya.
Acara peringatan Nuzulul Quran dan buka bersama ini diharapkan menjadi momentum yang membawa berkah dan kebersamaan bagi seluruh civitas akademika UIN Malang.
Pada acara tersebut, suasana kebersamaan terasa begitu kental. Dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa berkumpul di Islamic Town Center dengan penuh antusiasme. Mereka berbagi cerita, pengalaman, serta saling memberikan semangat dalam menjalani ibadah Ramadan.
Tak hanya itu, suasana keakraban semakin terasa saat mereka bersama-sama menikmati hidangan buka puasa yang disajikan secara bersamaan. Menu-menu khas Ramadan seperti kurma, kolak, serta berbagai hidangan lezat lainnya menghiasi meja makan yang panjang.
Acara peringatan Nuzulul Quran dan buka bersama di UIN Malang ini tidak hanya menjadi ajang untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, tetapi juga menjadi sarana untuk mempererat tali silaturahmi dan memperkuat kebersamaan di antara seluruh civitas akademika kampus. Semoga semangat Ramadan ini terus membara dalam hati setiap individu untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih dekat kepada-Nya.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up