PROGRAM BARU, 469 MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH SIAP PKL!
Iffatunnida Senin, 21 Mei 2018 . in Berita . 308 views
1501_pkl.jpg

GEMA-Seperti sedianya, pra Praktik Kerja Lapangan (PKL) didahului dengan pembekalan, Selasa (15/5). Tahun ini, Fakultas Syariah menyeragamkan tempat PKL di seluruh Lembaga Peradilan di Jawa Timur. Ketua Pengadilan Agama Kota Malang Wedhayati, MH dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kota Malang Dr. Lilik Muliana, MH. memberi pengantarnya di Aula Gedung Rektorat Lt.5.
Baharudin Susamto, Sekretaris Jurusan Hukum Bisnis Syariah (HBS), menjelaskan, sebelumnya mahasiswa juga ditempatkan di lembaga keuangan. “Pihak fakultas memutuskan hal ini agar mempermudah hubungan dan koordinasi terhadap lembaga terkait,” imbuhnya.
Tak hanya itu, ia melanjutkan, mahasiswa yang lulus menempuh PKL tak hanya mendapat nilai di KHS. Mereka juga akan diberi sertifikat sebagai penunjang pasca kuliah nantinya.
Fakhruddin, Ketua Panitia PKL, menuturkan jumlah mahasiswa Fakultas Syariah tahun ini yang memprogram PKL ialah 469. Mahasiswa dari tiga jurusan tersebut akan ditempatkan di enam lembaga.
Yaitu, Pengadilan Agama, Pengadilan Negeri, Pengadilan Niaga, Pengadilan Hubungan Industrial, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi dan Pengadilan Tata Usaha Negara.
Dalam materi pembekalannya, Dr. Lilik Muliana, MH. berpesan agar mahasiswa dapat menyeimbangkan teori dan praktik. Segala materi yang telah dipelajari dalam kelas sudah saatnya diterapkan secara riil.
Ia juga mewanti-wanti agar mahasiswa tidak terlalu terpaku pada materi. “Kalian harus open-mind ketika melihat fakta yang terkadang tidak sesuai materi kuliah,” jabarnya.
Rencananya, pihak fakultas akan melihat peluang MoU (Momerandum of Understanding) untuk PKL berikutnya. Lembaga Politik dan Lembaga Keuangan di Jawa Timur akan menjadi target kerjasama. (mir/ofi/nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up