RENAS: GUNAKAN PRESENSI DIGITAL
Abadi Wijaya Kamis, 10 Mei 2018 . in Berita . 147 views
1485_qr.jpg


GEMA-Presensi rembuk nasional Perencanaan PTKIN se-Indonesia di Kota Malang dilakukan dengan alat digital. Staf PTIPD UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Muchlis Fuadi, S.Kom menjelaskan bahwa awal dibuatnya aplikasi program digitalisasi presensi dengan scan barcode tersebut berawal dari permintaan Kabiro AUPK Mahfud Shodar.
Dia meminta dibuatkan presensi peserta dengan cara digitalisasi data presensi, sehingga, hal ini diupayakan bisa lebih mempermudah panitia dan peserta dalam melakukan presensi dan pembuatan laoran kegiatan. Aplikasi yang dibuat super cepat tersebut diabikin dengan cara menterjemahkan permintaan dari pimpinan yang kemudian dirumuskan dalam coding digitalisasi yang menjadi dasar diciptakan karya absensi scan barcode tersebut.
“Aplikasi presensi dengan QR ini baru pertamakali digunakan dalam kegiatan rembuk nasional di PTKIN,” tutur Muchlis.
Cara kerjanya cukup mudah, cukup install terlebih dahulu aplikasi tersebut di laptop, lalu koneksikan ke internet, sehingga peserta yang sudah daftar secara online tersebut otomatis akan mendapatkan barcodenya masing-masing. “Untuk memanfaatkan aplikasi tersebut, peserta cukup menunjukkan QR nya di depan laptop dan dengan mudah aplikasi QR ini akan mndeteksi identitasnya,” terangnya.
Dengan diciptkannya aplikasi QR ini, kata dia, diharapkan bisa mempermudah para peserta dan panitia dalam mendeteksi kehadiran para peserta. “Semoga, aplikasi QR ini bisa terus dikembangkan dan bisa memberikan manfaat dan kemudahan bagi para penggunanya,” harapnya.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up