RENAS PERENCANAAN PTKIN SE-INDONESIA
Abadi Wijaya Kamis, 10 Mei 2018 . in Berita . 216 views
1486_openingg.jpg


GEMA-Seluruh perencanaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) melaksanakan rembuk nasional di Kota Malang. Kegiatan yang dijadwalkan selama empat hari itu akan ditutup pada tanggal 12 Mei 2018.
Kepala Biro AUPK yang sekaligus Ketua panitia Rembuk Nasional (Renas) Perencanaan PTKIN Mahfud Shodar menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan amanah undang-undang pasal 7 nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi. Dalam pasal tersebut disebutkan bahwa perguruan tinggi memiliki tanggung jawab yang mencakup peraturan, perencanaan, pengawasan, pemantauan dan evaluasi serta pembinaan dan kordinasi untuk mencapai kesepahaman dalam menyusun program dan anggaran untuk pendidikan Islam. “Untuk itu diperlukan rembuk nasional PTKIN seluruh Indonesia seperti ini,” terangnya.
Upaya penyempurnaan rencana kerja PTKIN diperlukan pendekatan perencanaan partisipatik sepert renas ini. Pendekatan ini merupakan proses perencanaan yang bersifat topdown dan bottom up. “Maka diperlukan buku panduan dalam peraturan menyusun program anggaran tersebut,” terangnya.
Renas ini, kata dia, sebagai tindakan konkrit dalam rangka meningkatkan tatakelola dan pengetahuan dalam memahani regulasi peraturan terkait perencanaan agar memiliki persepsi yang sama.
Dalam sambutan laporan kepanitiaan Renas, Mahfud menjelaskna bahwa peserta renas PTKIN kali ini diikuti 58 PTKIN se-Indonesia dengan rincian 17 UIN, 34 IAIN, 7 STAIN. “Jumlah peserta secara keseluruhan mencapai 237 orang,” paparnya.
Kegiatan renas kali ini juga dihadiri langsung oleh Direktorat sekjen Pendis Kemenag RI,Sekretaris Dirjen Pendisi Kemenag Ri, Direktorat Pendidikan Tinggi Iptek dan Kebudayan, Bapenas, Subdit Anggaran II DJA, kepala bagian perencanaan direktoratjenderal pendiiakn islam. “Pak Dirjen dijadwalakna akan hadir pada hari ini Kamis (10/5) untuk memberikan materinya kepada peserta renas,” pungkasnya.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up