UIN MALANG GELAR HALAL BIHALAL
Abadi Wijaya Jumat, 22 Juni 2018 . in Berita . 365 views
1514_halal-bi-halall.jpg


GEMA- Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang mengaadakan Halal Bihalal melalui kegiatan Sosialisai dan Pembinaan Mental Spiritual bagi Keluarga Besar dan Masyarakat Kampus UIN Maliki Malang. Kegiatan pembinaan mental ini diisi pembicara kondang dari Sidoarjo KH. Ali Mashuri dengan dihadiri para pimpinan kampus dan seluruh civitas akademika UIN Maliki Malang (21/6).
Rektor UIN Maliki Malang Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan dalam rangka meningkatkan pembinaan spirtual para mahasantri UIN Malang. Insyaallah mulai tahun ini UIN Malang akan mengupayakan pembangunan gedung baru yaitu pembangunan gedungg mahad khususnya di kampus 3.
Rencannyanya, jika pembangunan gedung tersebut terlaksanakan dengan baik maka para mahasnatri bisa tinggal di ma’had selama 4 tahun. Selama kuliah para mahasantri tersebut akan diajari sopan santun, ilmu keagamaan dan ilmu umum sesuai dengan jururannya masing-masing.
Saat ini, kata Rektor, UIN Malang telah melakuklan seleksi untuk pembibitan calon kiai, dari hasil seleski yang dilakukan terdapat 35 mahsantri yang lolos seleksi. Mereka akan dibimbing langsung oleh para kiai agar menjadi ulama yang imtelektual. “Mereka diharapkan tidak hanya pandai dalam membaca kitab kuning tapi mahsantri kelak juga pandai berbagai ilmu dibidangnya, seperti kedokteran, ekonomi, sosial dan lain sebagainya,” paparnya.
Sementara itu, dalam moment halal bihalal tersebut juga dihadiri lansgung oleh Gus Ali sapaan akrab KH. Ali Mashyuri, dalam paparannya menayampaikan Halal bi Halal merupakan khazanah kekayaan yang dimiliki oleh umat Islam Indonesia. Kegiatan seperti ini tidak ditemukan di luar sana seperti Negara Arab, mesir dan bahrain. “Secara kolekif kekayaan Indonesia yang hari ini mulai di adopsi negara-negara lain,” paparnya.
Gus Ali berpesan kepada seluruh warga kampus UIN Maliki Malang untuk menjadi orang suka menolong dan memafakan sesama umat Islam. Ada dua hal penting yang perlu dilakuakn umat Islam yaitu selalu menjaga persaudaraan terhadap orang yang telah memutus persaudaraan dan bersikap dermawan terhadap orang yang kesulitan.
Di akhir sesi Rektor UIN memberikan Cinderamata terhadap lima para pegawai yang telah pensiun sebagai amal baktinya terhadap Kampus UIN Malang.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up