PROF. EUIS: EDITING PROCESS JURNAL BUTUH TELITI
Iffatunnida Jumat, 28 September 2018 . in Berita . 819 views
1634_euis.jpg

GEMA-Sesi lain dalam workshop dan studi banding di Jurnal Al Jami’ah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta diampu oleh Prof. Euis Nurlaelawati, MA. Materi fokus pada editing and reviewing yang menjadi salah satu proses penting dalam penerbitan jurnal, Jumat (28/9).
Ia menyatakan, banyak sekali editor yang kurang teliti atau bahkan ngawur dalam mengoreksi artikel. Karena kurangnya manajemen waktu, editor akhirnya mengece artikel ala kadarnya. “Padahal tugas ini sangat krusial. Harus dicek dan recheck,” imbuh Guru Besar Ilmu Hukum tersebut.
Tak hanya mengedit sesuai gaya selingkung jurnal, tugas lain ialah memastikan bahwa argumen penulis sudah sesuai dengan data yang ada. “Kita tentu tidak mau artikel yang diterima tidak berbobot,” ujarnya.
Karena itu, lanjut dosen Fakultas Syariah dan Hukum tersebut, sang penelaah artikel jurnal harus peka dengan menempatkan diri sebagai pembaca. Karenanya, yang harus diperhatikan ialah apakah pernyataan sudah jelas dan relevan dengan data.
Tak berhenti di situ, masih banyak lagi aspek yang menjadi tugas para editor juga reviewer. Salah satu yang menjadi problem utama ialah tata bahasa. “Bahkan seseorang yang sudah menerbitkan buku-buku populer pun tidak lepas dari kesalahan mendasar ini,” tutur Bu Euis, sapaan akrabnya.
Ia pun memperlihatkan hasil editan beberapa artikel. Termasuk artikelnya yang mendapat banyak koreksi dari jurnal lain. “Tidak usah malu kalau dilihat. Saya pun belajar dari cara orang me-review artikel saya,” kata pengampu mata kuliah Metode Penelitian dan Penulisan Hukum tersebut di akhir sesinya. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up