JURNAL: GO SCOPUS!
Abadi Wijaya Rabu, 3 Oktober 2018 . in Berita . 194 views
1639_materi-2.jpg
Muhammad Nida’ Fadlan Asisten Editor Studia Islamika saat memberikan materi dalam Workshop Tata Kelola Jurnal, Rabu (3/10)

GEMA-Workshop tata kelola jurnal berlanjut pada sesi dua. Pelatihan yang diinisiasi oleh Jurnal Ulul Albab berlangsung selama tiga hari, Rabu-Jumat (3-5/10). Setelah materi pertama tentang Tata Kelola Jurnal, materi kedua adalah tips untuk menuju jurnal internasional. Muhammad Nida’ Fadlan dipercaya untuk mengisi materi ini.

“Azyumardi Azra merupakan pendiri dari Jurnal Studia Islamika,” buka Nida’ bercerita. Asisten Editor Studia Islamika ini mengawali materinya dengan sejarah berdirinya jurnal terindeks Scopus ini. Jurnal ini diawali dengan sebuah semangat dan niat yang spesifik. Azyumardi mendirikan jurnal ini sepulang dari pendidikan Amerika. Pasalnya, akademisi muslim asal Indonesia ini tidak menemukan satu pun referensi kajian Islam Indonesia kala itu. “Kita ingin mempromosikan khazanah Islam di nusantara indonesia dan asia tenggara,” jelasnya.

Menurut Nida’, terdapat lima hal penting yang harus diperhatikan. “Untuk menuju jurnal terindeks Scopus diperlukan setidaknya lima hal,” terang lulusan Master of Philology di Universitas Indonesia. Lima hal tersebut meliputi journal policy, quality of articles content, journal and the editors standing, publishing regularity, dan online availability. “Akhirnya dengan adanya Jurnal Studi Islamika ini dapat mempromosikan Islam Nusantara ke kancah dunia,” tegasnya. (nhl)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up