6850 POHON DITANAM DI ATAS LAHAN KAMPUS III UIN MALANG
Abadi Wijaya Senin, 3 Desember 2018 . in Berita . 95 views
1730_tanam-pohon.jpg

GEMA-Gerakan menanam pohon terus dilakukan oleh Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Kali ini UIN Maliki Malang bekerjasama dengan Persemian Permanen Jember dan Mojokerto serta DAS Brantas Jatim. Senin, (3/12).
Jumlah pohon yang akan ditanam sejumlah 6850 batang di atas lahan seluas tujuh hektar yang direncanakan akan ditanam 6 Desember 2018 akan dihadiri langsung Gubernur Jatim Soekarwo sebagai wujud dan komitmen gerakan DAS Brantas Jawa Timur. Ketua Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Dr. Sri Harini, M.Si menegaskan bahwa tujuan dilakukan gerakan menanam pohon kali ini untuk pemulihan daerah aliran sungai dan sumber mata air di sekitar kampus tiga yang sudah mengalami pengurangan debit air. “Penanaman pohon ini tidak lain untuk menjaga kelestarian lingkungan dan pemulihan sumber mata air di daerah kampus,” paparnya.
Dr. Rini panggilan akrab Dr. Sri Harini, M.Si menjelaskan bahwa kebutuhan air bagi kelangsungan kehidupan saat ini semakin meningkat. Selain itu penanaman pohon di kampus tiga ini juga untuk pemenuhan kebutuhan oksigen bagi manusia dan makhluk hidup lain. “Selain itu juga untuk menyerap racun yang bersumber dari polusi industri dan kendaraaan bermotor,” tegasnya.
Sementara itu, Manajer Persemaian Permanen Jember Heri Handrianto menjelaskan bahwa pihaknya memberikan bantuan jenis tanaman pohon buah sebanyak 95 batang, dengan ketinggian rata dua meter, tanaman ini masuk kategori tanaman seremonial, dan bisa diberbuah dalam jangka waktu dua tahunan.
Jenis tanaman yang sudah siap tanam ini diantaranya sirsat dan nangka. “Nanti akan ada lima jenis tanaman yang akan ditanam di atas lahan kampus tiga UIN Malang ini, yang 95 batang bantuan dari PP Jember dan yang 45 dari PP Mojokerto,” terangnya.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up