PROF. NIZAR: REAKREDITASI, BORANG JADI KUNCI UTAMA
Abadi Wijaya Senin, 31 Desember 2018 . in Berita . 182 views
1769_prof-nizar-ali.jpg
AKRAB: Prof Dr. Nizar Ali, MA hadir dalam acara khotmil Quran dan sekaligus sosialisasi renstra 2018-2022 dan persiapan reakreditasi institusi.


GEMA-“Reakreditasi atau yang akrab di sebut Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) saat ini sudah menjadi kewajiban bagi seluruh lembaga pendidikan, khusunya di perguruan tinggi. Akreditasi merupakan legitimasi atau pengakuan secara nasional. Proses akreditasi, kesiapan borang menjadi kunci utamanya” itulah sepenggal kalimat yang disampaikan Prof. Dr. Nizar Ali saat menghadiri kegiatan Khotmil Quran dan sekaligus sosialisasi renstra dan persiapan reakreditasi institusi di UIN Maliki Malang. Jumat (28/12).
Prof. Nizar menjelaskan bahwa saat ini sudah ada tiga kampus PTKIN yang akreditasinya mendapatkan nilai A yaitu UIN Jogja, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan UIN Makasar. “Semoga UIN Maliki Malang segera menyusul dan terakreditasi A,” harapnya.
Akreditasi sangat penting, akan tetapi bukan segala-galanya. Terpenting yang harus dilakukan oleh pengelola perguruan tinggi harus terus melakukan pelayanan primanya kepada satake holdernya serta membangun networking seluas-lusanya.
Selain itu, kata Prof. Nizar, kampus harus memperhatikan kompetensi lulusannya, sehingga alumninya bisa terserap di dunia kerja dengan maksimal. “Misalkan saja lulusan doketer haji, mereka harus dibekali kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan tersebut, selain mampu menangani kesehatan haji soal kemampuan bahasa asing mutlak dibutuhkan,” terangnya.
Prof. Nizar menambahkan bahwa, semua lini harus ditunjukkan gregetnya dalam mengembangkan keilmuan di kampus ini, salah satu faktor pendukungnya tersedianya laboratorium yang memadai, serta memilki gedung perpustakaan yang memiliki literatur yang lengkap. “Selain itu, kampus juga harus mengembangkan budaya research, bisa bersifat kolaboratif atau individu,” jelasnya.
Majunya kampus, kata dia tidak semata-mata dilihat dari aspek perkembangan infra strukturnya saja melalui kemegahan gedungnya. Akan tetapi sejauh mana kampus itu memilki profesor, hasil penelitian dari para dosen dan mahasiswanya serta mempublikasikan hasil reserch ke publik. “Publikasi hasil reserch itu penting, karena peran perguruan tinggi itu salah satunya melakukan penelitian yang bermanfaat bagi msayarakat secara luas,” pungkasnya.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up