UDARA BERSIH IALAH HAK INDIVIDU
Iffatunnida Selasa, 12 Februari 2019 . in Berita . 51 views
1814_climate.jpg

GEMA–Hak setiap manusia tidak terbatas sandang, pangan, dan papan. Udara yang bersih pun menjadi hal setiap orang. Hal ini diungkapkan Billy Aries dari Climate Institute dalam talkshow yang digagas instansinya bekerjasama dengan Kementerian Hukum dan HAM di Aula Gedung C Lt. 3, Senin (11/2). Talkshow lingkungan bertema Ledakan Penduduk dan Ancaman Polusi Udara tersebut juga menghadirkan Dekan Syariah Dr. Saifullah, M.Hum. sebagai pembicara.
Billy menjelaskan, hak terhadap udara bersih ini telah diatur UU No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Walau telah dicantumkan dalam undang-undang, sepatutnya seluruh warga negara turut berpartisipasi dalam merealisasikannya.
Nyatanya, kesadaran akan menjaga lingkungan yang minim menjadi isu yang selalu membayangi kondisi Indonesia. Salah satu yang menjadi sorotan ialah kepadatan penduduk. “Angka kelahiran di negara kita tinggi,” tuturnya.
Akibatnya, lanjut Billy, kepadatan penduduk terjadi khususnya di kota-kota besar, seperti Malang Raya. Malang sebagai salah satu tujuan favorit pendidikan semakin dianggap over populated.
Dr. Saiful menambahkan, para pendatang di Malang Raya cenderung membawa kendaraan pribadi, sehingga, “Polusi udara kian bertambah seiring dengan volume kendaraan di jalan yang juga bertambah.” Wajar jika banyak yang akhirnya merasa kualitas udara semakin menurun.
Selain peraturan mengenai penyertaan kendaraan ketika berpindah ke tempat baru, ada beberapa hal yang disarankan bagi pembicara. Salah satunya pendekatan urbanism. Cara itu dilakukan dengan memfokuskan penduduk dan kendaraan di satu titik. Nantinya, akan disediakan pula transportasi umum di kawasan padat penduduk tersebut. “Sehingga, tidak semua area terdampak,” jelasnya. (ich/nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up