TIGA PT SUSUN KURIKULUM PRODI BAHASA INDONESIA DI UNIVERSITAS AL-AZHAR
Abadi Wijaya Jumat, 22 Maret 2019 . in Berita . 832 views
1910_p1.jpg
OPENING: WR III UIN Maliki Malang Dr. Isroqunnajah bersama Prof. Dr. Sangidu, UGM saat pembukaan rapat koordinasi tahap dua pembukaan Prodi Bahasa Indonesia di Universitas Al-Azhar. Jumat (22/3).

GEMA-Siang ini, Jumat (22/3) perwakilan dari tiga Perguruan Pinggi (PT) yaitu UGM, UIN, dan UMS yang ditunjuk sebagai tim perumus persiapan pembukaan Program Studi Bahasa Indonesia di Universitas al Azhar hadir di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Pertemuan rapat koordinasi sudah kali kedua dilakukan stelah sebelumnya dilakukan pertemuan di UGM. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Isroqunnajah berkesempatan membuka kegiatan tersebut, dalam sambutannya dia menegaskan bahwa pertemuan kali ini difokuskan pada pembahasan penyusunan kurikulum Prodi Bahasa Indonesia. "Saya ucapkan selamat datang atas kehadiran tim dari UGM dan UMS di UIN Maliki Malang, semoga pertemuan ini bisa segera menyelesaiakan persiapan pembukaan Prodi Bahasa Indonesia di Universitas Al Azhar," sambutnya.

1912_p3.jpg


Bahasa Indonesia, kata Gus Is, merupakan bahasa Ibu, bahasa nasional dan semoga upaya ini bisa menjadi amal saleh yang bisa memberikan mafaat bagi semuanya dan khususnya bangsa Indonesia ini. "Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi dan memberikan kelancaran terhadap proses pembukaan Prodi Bahasa Indonesia di Universitas Al Azhar," doanya.
Sementara itu, Prof. Dr. Sangidu, M.Hum merasa senang sekali atas sambutan yang diberikan UIN Maliki Malang. Dia menceritakan sejarah singkat embrio didirikannya Prodi Bahasa Indonesia di Universitas Al Azhar Mesir sudah dirintis sejak tahun 1955, melalui proses MoU antara Al Azhar dengan UGM. "MoU nya sudah di tandatangani langsung oleh Duta Besar Mesir untuk Indonesia pada tahun 1955," ceritanya.

1911_p2.jpg


Lalu, tambah dia, pada tahun 2005 UGM melakukan kunjungan yang kesekian kalinya ke Mesir dan ditawari untuk membuka Indonesian corner, dan saat itu belum bisa dilaksanakan karena butuh aturan dan regulasi serta dukungan yang cukup.
Selain itu, minat mahasiswa Mesir cukup tinggi yang ingin mempelajar Bahasa Indonesia. Faktanya, saat Atase Pendidikan dan Kebudayaan Malaysia mengadakan lomba debat Bahasa Melayu, justru pendaftarnya banyak dari kalangan Mahasiswa asli Mesir. "Hadiahnya waktu itu cukup besar sekitar 6000 pon Mesir, dan jika di kruskan dalam bentuk dolar bisa mencapai $.600 dolar lebih," jelasnya.

1913_p4.jpg


Prof. Sangidu berharap dengan dibukanya Prodi Bahasa Indonesia lulusan S-1 nya bisa mendapatkan beasiswa untuk studi S-2 nya di Indonesia. "Semoga harapan ini bisa berjalan dengan lancar sesuai harapan kita," jelasnya.
Rencananya, September ini Prodi bahasa Indonesia di Universitas Al Azhar akan diresmikan, untuk itu persiapan penyusunan silabus dan kurikulumnya harus segera disusun. "Finalisasinya bisa dilakukan di UMS Surakarta," pungkasnya. (aj)

1909_rakor-prodi-bahasa-indonesia-di-al-azhar-mesir.jpg

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up