VISITASI AKREDITASI MOMEN EVALUASI INSTITUSI
Iffatunnida Jumat, 15 Maret 2019 . in Berita . 954 views
1862_visitasi.jpg

GEMA-Sesi akhir asesmen lapangan, seluruh asesor Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) beserta jajaran pimpinan, dosen, dan tenaga kependidikan (tendik) UIN Malang berkumpul di Ruang Senat Rektorat Lt. 4, Kamis (14/3). Dalam kesempatan itu, para asesor menyampaikan hasil wawancara dengan dosen, tendik, mahasiswa, alumni, serta pengguna jasa.
Dimulai dengan Prof. Marwan Asri, M.B.A., Ph.D. yang menyimpulkan hasil wawancara dengan mahasiswa dan alumni UIN Malang. Ada beberapa hal yang menjadi sorotan alumni. Utamanya terkait fisik UIN Malang yang semakin hari semakin megah dibanding beberapa tahun sebelumnya.
Alumni pun, menurut Prof. Marwan, memberikan saran untuk dicatat pihak kampus. Mereka ingin agar pihak UIN Malang, terkhusus para dosen, agar lebih melebarkan sayap keilmuannya. “Keilmuan dosen tidak bisa diragukan lagi, cuma dirasa kurang speak up ke luar kampus atau bahkan di kancah nasional,” jelasnya.
Selanjutnya, Prof. Dr. Budi Nurani R., M.Si. menyampaikan garis besar informasi yang didapat ketika berdiskusi dengan dosen, tendik, dan pengguna jasa. Beberapa catatan disampaikan oleh dosen dan tendik terkait hal yang dapat memotivasi kinerja dan keilmuan. “Mereka ingin ada sebuah bentuk penghargaan yang dapat dijadikan motivasi untuk berkembang lagi,” tutur wanita berkacamata tersebut.
Sementara itu, dari sisi pengguna jasa lulusan UIN Malang, Prof. Budi menyoroti beberapa hal yang cukup unik. “Seluruh pengguna jasa menyatakan bahwa lulusan UIN Malang memang cukup menonjol khususnya dalam perilaku,” ia melanjutkan, “Bahkan mereka jadi penggerak di lingkungan kerjanya untuk mengadakan kegiatan religius.”
Sebelum mengakhiri sesi, Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag. menyampaikan apresiasi atas kunjungan keempat asesor yang ditunjuk BAN-PT. Ia berharap, agar momen asesmen ini menjadi bahan evaluasi bagi institusinya agar semakin berkembang dan membangun imej positif. Ia pun tak lupa mendeklamasikan syair yang ia buat hari itu yang ditujukan khusus untuk keempat asesor.
Selama sehari, keempat asesor yang diutus BAN-PT melakukan tugasnya dalam tahapan asesmen lapangan. Tahapan ini adalah tahap kedua dari rangkaian reakreditasi universitas yang diajukan UIN Malang. Untuk kepentingan tersebut, pihak kampus memajang pameran UIN Malang dari masa ke masa di lt. 1 Gedung Rektorat.
Selain itu, di lt. 4, setiap fakultas memajang produknya di stan yang dipersiapkan panitia. Sedangkan di lt. 5, beberapa karya kaligrafi juga terpampang. UIN Maliki Press juga nampak membangun stan untuk memajang buku-buku terbitan sivitas akademik UIN Malang. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up