AFERIN: KALIGRAFER UIN MALANG SAINGI 613 KALIGRAFER DUNIA
Abadi Wijaya Jumat, 26 April 2019 . in Berita . 1149 views
2010_ircica-turki.jpg
BANGGA: Fitria Dewi Masyitoh saat menerima hadiah langsung dari Syeikh Belaid Hamidi Master Khat Internasional dari Maroko di Jakarta, Senin (22/4).

GEMA-Mahasiswa UIN kembali berkiprah di ajang internasional. Kali ini pada Musabaqah Khat Tingkat Internasional di International Research Centre Of Islamic History, Art, And Culture (IRCICA) di Turki 2019, Kamis (21/2). Kampus yang baru saja kembali terakreditasi A oleh BAN-PT ini mengirim lima delegasi mahasiswa untuk berkompetisi.

Kelima mahasiswa ini akan bersaing dengan 613 kaligrafer dari 38 negara. Mahasiswa yang tergabung dalam Asosiasi Kaligrafer UIN Malang (Aferin) ini mengirim sebanyak lima karya milik lima mahasiswa. Kelima karya kategori Diwani tersebut mulai dikirim ke Turki pada bulan Februari, dan hasilnya diumumkan dua bulan setelahnya, April 2019.

Walaupun belum bisa masuk nominasi, Aferin mendapat perhatian khusus dari salah satu juri kaligrafi internasional. Adalah Syeikh Belaid Hamidi yang memberikan penghargaan langsung berupa Kitab Fannul Khat, Minggu (21/4). Kitab ini diterbitkan langsung oleh IRCICA Turki.

Dengan semakin besarnya antusias mahasiswa Ulul Albab di dunia kaligrafi, maka dirasa perlu untuk menerjemahkan kitab senilai 250 US dolar ini ke dalam Bahasa Indonesia. Tujuannya adalah untuk memberikan tambahan wawasan kepada para kaligrafer khususnya, dan sivitas akademika.

2011_ircica-2019-2.jpg

“Hal ini dilakukan agar dapat lebih mengenalkan seni islam ini lebih dalam,” terang Fitria Dewi Masyitoh. Mahasiswi yang pernah mewakili UIN dalam Musabaqah Khat Tingkat ASEAN di Singapura ini juga menerangkan akan melakukan kerjasama dengan mahasiswa pasca sarjana prodi Bahasa Arab UIN Malang dalam proses terjemahnya.

“Semoga ke depan komunitas ini semakin berkembang dan selalu bisa memberikan prestasi-prestasi yang membanggakan untuk kampus tercinta,” harap Fitria mahasiswi jurusan BSI UIN Malang ini. (fit/nhl)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up