PIAUD: AJAK CIPTA LAGU ANAK USIA DINI
Iffatunnida Rabu, 22 Mei 2019 . in Berita . 101 views
2066_piaud-uas.jpg

GEMA-Mengawali Ujian Akhir Semester (UAS), Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) menyelenggarakan panggung bebas. Kegiatan bernuansa seni dihelat sebagai bentuk UAS untuk mata kuliah Pembelajaran Seni Musik dan Seni Suara, Kamis (16/5). Penggung mahasiswa PIAUD semester empat ini digelar di Home Theatre Fakultas Humaniora Lt. 3.
Dosen pengampu Joko Prihatin menyatakan bahwa mahasiswa butuh wadah seperti kegiatan ini. Selain menambah pengalaman, mahasiswa secara tidak langsung membantu akreditasi jurusannya. “Jurusan PIAUD memang akan mengalami proses reakreditasi sebentar lagi,” imbuhnya.
Berbagai pertunjukan disuguhkan di atas panggung seni ini. Seperti musik angklung, pianika, jargon pembelajaran. Mahasiswa juga menampilkan musik kreatif yang berasal dari alat non musikal seperti kertas, batu, peralatan dapur, dan bambu.
Masih ada lagi, ada pula mahasiswa yang menunjukkan hasil karya lagu ciptaannya. Anto salah satu juri menyoroti hal ini. “Ini karya yang murni karena mahasiswa sendiri yang menggarap lirik hingga aransemen lagunya,” tuturnya.
Menciptakan lagu untuk anak usia dini, kata Anto, tidak mudah. Maka ia memberi apresiasi lebih bagi mahasiswa yang mau bersusah-payah melakukannya. “Ada sembilan lagu yang sudah ditulis. Saya sebagai musisi merasa kalah,” ujarnya.
Panggung seni ialah tahap kedua UAS. Tahap pertama dilalui dengan ujian praktik individu. Tak hanya mahasiswa Jurusan PIAUD, ada mahasiswa jurusan lain yang berpartisipasi karena juga memrogram mata kuliah yang sama. Selain itu, ada pula beberapa mahasiswa angkatan atas yang turut serta karena harus menempuh kembali mata kuliah tersebut. (aqa/nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up