RUMAH TAHFIDZ RESMI BERNAMA "KH. BISRI MUSTOFA"
Iffatunnida Rabu, 21 Juli 2021 . in Berita . 1200 views

 

3213_btq1.jpg

GEMA-Untuk memantapkan lulusan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan yang memiliki bekal agama yg memadai, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang membangun Bait Tahfidz al-Quran & Rumah Moderasi Beragama. Setelah berbulan-bulan dibangun, gedung tersebut telah memiliki 1 lantai yang nantinya akan dikembangkan lagi. Rektor Prof. Dr. Abdul Haris mengundang secara daring tokoh-tokoh penting negeri untuk menyaksikan peresmian gedung yang diberi nama "KH. Bisri Mustofa" tersebut, Rabu (21/7). Acara peresmian disaksikan secara virtual oleh Menteri Agama KH. Yaqut Cholil Qoumas dan Ketua DPR RI Dr. Puan Maharani.

Dalam sambutan pembuka, rektor menyatakan UIN Malang serius mendidik mahasiswa agar memiliki 4 pilar. Yakni, kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional. Untuk itu, tak hanya pendidikan di kampus yang selalu diperhatikan, namun juga keseharian mahasiswa. Termasuk mendorong mereka agar menjadi hafiz dan hafizah.

3214_btq2.jpg

Rumah tahfidz merupakan salah satu bukti keseriusan UIN Malang dalam membekali nilai agama bagi sivitas akademik, di samping juga adanya ma'had. Nama Bait Tahfidz al-Quran dipilih karena tokoh KH. Bisri Mustofa yang sangat inspiratif. Ia tak hanya dikenal sebagai pendiri Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin, Rembang, Jawa Tengah. Namun, Sang Kiai dikenal pula sebagai seorang pendidik, budayawan, dan politisi bangsa. Sudah banyak karyanya yang fenomenal yang digunakan secara luas untuk mendidik kaum muslim di negeri ini, seperti Tafsir Al-Ibriiz (dengan makna Jawi).

3215_btq3.jpg

Pihak kampus menghadirkan keluarga KH. Bisri Mustofa untuk memberikan sambutan dan menyaksikan peresmian. Secara khusus, KH. Mustofa Bisri yang merupakan anak kandung Sang Kiai mengapresiasi tinggi langkah UIN Malang untuk menyematkan nama ayahnya di Rumah Tahfidz. Kiai Mustofa Bisri menyatakan, dengan adanya Bait Tahfidz al Quran dan Moderasi Beragama ini, UIN Malang tak hanya mencetak lulusan yg intelek, namun juga memiliki bekal agama yg mumpuni. Ia melanjutkan, sejatinya "tahfidz" bukan hanya sekedar "menghafal". Dalam arti yang lebih luas, ia berarti menjaga. "Artinya ada kewajiban untuk menjaga kalam Allah dan maknanya, serta menjaga pengamalannya di kehidupan nyata," jelas KH. Mustofa Bisri. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up