REKTOR: KEMBANGKAN TRADISI SPIRITUAL MELALUI KAJIAN AL QUR'AN
Abadi Wijaya Jumat, 20 Agustus 2021 . in Berita . 405 views

 

3292_h.jpg
Penulis: Putut Wahyu Hardiyanto

GEMA-Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Prof. Dr. M. Zainuddin, MA. mengenalkan versi baru dan segar dari agenda Jumat rutinan. Jika biasanya dilaksanakan pagi hari dengan khataman al Quran dan dilanjut salawatan, kali ini pihak kampus juga mengundang narasumber. "Ini bagian dari inovasi, yang semula hanya khotmil quran dan shalawatan saja kita inovasi penyajiannya menjadi tadarus dan kajian al Quran," jelasnya, Jumat (20/8).
Menurut Prof. Zain, selama ini banyak orang membaca al Quran, maulid diba', al barzanji, juga manakib nurul Quran namun tidak memahami kandungan atau maknanya. "Kajian ini membantu kita untuk mempelajari isinya," ujarnya.
Ia berharap, dengan tadarus dan kajian al Quran ini keluarga besar UIN Maliki banyak menambah ilmu. Ia juga ingin agar kegiatan ini terus berjalan secara istiqamah. "Jumat ganjil diisi dengan tadarus dan kajian sedangkan pada Jumat genap diadakan istighotsah dan sholawatan," terangnya.
Model baru kegiatan tersebut mampu menghidupkan tiga unsur literasi, yakni spiritualitas, intelektual dan sosial. Di UIN Maliki Malang tidak bisa lepas dari literasi spiritual yang digembleng di ma'had untuk para mahasiswanya dan melalui forum kajian bagi staf dan dosen. Literasi intelektual dilakukan melalui kajian, seminar, dan terakhir literasi sosial berwujud pengabdian kepada masyarakat. "Ini bahasa tradisi di kita yakni zikir, pikir dan amal sholeh," tegasnya.
Mengakhiri sambutannya, Prof. Zain mengucapkan terima kasih kepada Ustadz Malik dan Ustadz Said Agil Husin Al Munawar sebagai narasumber perdana di acara tersebut. "Terima kasih karena sudah hadir meski secara virtual, semoga pandemi ini segera usai dan selanjutnya kita bisa bertemu secara langsung. Mohon doanya semoga UIN Maliki Malang menjadi World Class University karena itu tujuan kita di roadmap periode ini," pungkasnya. (ptt/nd)

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up