PPB SIAPKAN CALON MAHASISWA PROGRAM DOKTOR
Iffatunnida Rabu, 1 Desember 2021 . in Berita . 413 views
3529_ppsl1.jpg

GEMA-Kementerian Agama RI mempercayakan Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) S3 Luar Negeri kepada Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Ini merupakan kegiatan lanjut dari rangkaian PMU 5000 Doktor, program beasiswa bagi calon Doktor. Sebanyak 17 peserta dari 16 PTKI dan PTKIN mengikuti kegiatan ini selama sebulan (25/11-24/12).
Mudir PPB, Dr. M. Abdul Hamid mengungkapkan, PPSL ditujukan untuk membekali para calon doktor dengan beberapa kemampuan yang akan digunakan selama menempuh studi di luar negeri. Hal tersebut dilakukan agar mahasiswa Program Doktor dapat menyelesaikan studinya tanpa kendala dan tepat waktu.
Salah satu kemampuan yang diberikan kepada peserta, masih kata Hamid, ialah metodologi penelitian. Materi ini dianggap penting karena mahasiswa Program Doktor harus menulis disertasi berbasis penelitian sebelum dinyatakan lulus. Selain itu, ada pula pembekalan kemampuan kebahasaan, moderasi beragama, serta tips dan trik studi di negeri orang.

3530_ppsl2.jpg


Saat pembukaan, Rektor UIN Malang Prof. Dr. M. Zainuddin, MA. turut hadir. Tak hanya membuka acara, ia juga memberikan kuliah perdana di hadapan para peserta dengan materi Moderasi Beragama. Ia menekankan bahwa Muslim harus mengedepankan sikap wasathiyyah. Selain itu, dimana pun nantinya, seorang Muslim mengemban amanah sebagai pendakwah. Yakni, selalu menjadi contoh dan mengajak kepada kebaikan. Tentunya, dengan cara yang lebih bijak tanpa kekerasan. (nd)

Pers Release: Makhi Ulil Kirom

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up