DELEGASI FITK UIN MALIKI RAIH TIGA PENGHARGAAN TERBAIK DI AICOIES 2022
Putut Wahyu Hardiyanto Kamis, 23 Juni 2022 . in Berita . 59 views
3910_putut.jpg

HUMAS-Delegasi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan(FITK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berhasil meraih penghargaan di ajang Annual International Conference on Islamic Education For Students yang diselenggarakan di Auditorium Kampus 3 UIN Salatiga, kemarin Selasa-Rabu(21-22/6). Event yang mengusung tema "Indigenous Culture Based Islamic Education For Moderating Religious Expression in The Public Sphere" merupakan program yang digagas oleh Forum Ketua Dekan FITK Se-Indonesia. Dari 58 total Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), ada 20 PTKI yang mengirimkan delegasinya. Pesertanya tiap tim delegasi terdiri dari tiga mahasiswa dan wakil dekan bidang kemahasiswaan (WD III) jadi total ada empat personil dari setiap PTKI.Kamis(23/6)

Dalam konferensi itu turut menghadirkan pembicara Internasional dari USA diantaranya, Erik Lincoln (Co-founder Peace Generation), Angie Davidsen, M.S.E (Atlanta North School, USA), Anita D. Dudek, M.E.D (Edupreneur and Social Worker, USA) dan Dr. Sururin, M.Ag (Chairman of Fordetak PTKIN in Indonesia)

Sedangkan para delegasi PTKI dari unsur mahasiswa diwajibkan juga membuat paper sesuai tema yang kemudian di presentasikan dihadapan seluruh peserta konferensi dan para reviewer jurnal.

Tiga mahasiswa FITK delegasi UIN Maliki Malang kali ini berhasil meraih penghargaan dengan masing-masing paper yang diusungnya, mereka adalah Riza Ummami (Pendidikan IPS) dengan judul "Development Of Religious Moderate House Design For Foreign Students in Islamic State University Malang" sebagai best presenter. Lalu Syafiyatul Maf'udah (Pendidikan Bahasa Arab) dengan judul "The Analysis of The Value of Religious Moderation In The Material of the Arabic Textbook for Islamic Senior High School" sebagai best abstract dan terakhir Nafa Nabilah (Pendidikan Agama Islam) dengan judul "The Relationship of Aksara Jawa as Local Folklore with Moderate and Progressive Islamic Education (Ethnographic Studies on Implementation of Religious and Cultral Moderation) sebagai Favorite Presentator.

Keberhasilan dari tim delegasi UIN Maliki Malang tersebut tidak lepas dari bimbingan WD III FITK, Dr. Marno, M.Ag dan tiga dosen yang fokus diamanahi sebagai pembimbing khusus, yakni: Faridatun Nikmah, M. Pd, Dr. Alfiana Yuli Efiyanti, M.A, dan Dr. Zakiyah Arifa M.Pd.

Seluruh paper yang ditulis oleh delegasi mahasiswa akan melewati tahap seleksi dan pertimbangan dari tim jurnal yang bertugas. Miftachuddin, M.A selaku ketua pelaksana menuturkan bahwa hampir 65 paper yang ditulis oleh delegasi akan diseleksi dengan berbagai pertimbangan yang kemudian jika memang layak untuk terbit akan dipublish di OJS (Open Journal System). Ia pun memberikan apresiasi tidak hanya kepada PTKI yang mendelegasikan mahasiswanya tetapi juga kepada mahasiswa yang berani berkompetisi di ajang konferensi tersebut. "Semoga acara semacam ini bisa dilaksanakan setiap tahun dan menjadi kegiatan rutin mahasiswa FITK di seluruh PTKI", harapnya.

(Hardianto)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up