KULIAH BERSAMA PROFESOR DARI MISSOURI STATE UNIVERSITY
Iffatunnida Kamis, 1 September 2022 . in Berita . 133 views
4292_sakidja.jpg


UIN MALANG-Mengawali tahun akademik baru, Jurusan Fisika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengadakan kuliah tamu bersama seluruh mahasiswa seluruh angkatan, Selasa (30/8). Jajaran dosen jurusan tersebut pun hadir dalam acara yang dihelat di Aula Utara Gedung Fakultas Sains dan Teknologi lt. 4 tersebut.
Mengikuti tren kekinian yang serba berbasis AI (Artificial Intelligence), pihak jurusan mengundang Guru Besar dari Missouri State University, Amerika Serikat sebagai narasumber utama. Ia adalah Prof. Ridwan Sakidja, ilmuwan asli Indonesia yang berkiprah di Amerika Serikat. Prof. Ridwan mendapatkan anugerah sebagai guru besar di Bidang Fisika Astronomi dan Material Science.

4293_sakidja2.jpg


Dalam kuliah tamu yang dilaksanakan luring dan daring melalui Zoom tersebut, Prof. Ridwan menyampaikan materinya “Development of AI-Based Force Fields to Model Advanced Materials”. Ada beberapa hal yang dipaparkan dalam materi alumnus University of Wisconsin-Madison itu.
Pertama, AI dalam perkembangannya digunakan untuk memodelkan sifat fisis material maju (advanced materials). Hal ini dimaksud agar dapat digunakan atau diaplikasikan ke hal yang lebih luas. Selanjutnya, Prof. Ridwan menuturkan pengembangan simulasi berdasarkan AIMD (Ab-Initio Molecular Dynamics) pada suhu tinggi dan Density Funcional Theory (DFT). Ia juga menyatakan bahwa latar belakang keilmuan kita tidak lah penting. “Entah dari background Ilmu Kimia, Fisika, atau Biologi sekalipun, yang perlu dicatat ialah semakin besar data science yang bisa kita analisis, maka akan menghasilkan output dengan jangkauan yang lebih besar,” ujarnya.
Di akhir sesi, Prof. Ridwan juga berbagi informasi mengenai studi lanjut ke Program Magister dan Doktor di Amerika Serikat. Lebih khususnya lagi, ia menjelaskan beberapa peluang untuk studi dan riset di Missouri State University, tempatnya mengabdi saat ini. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up