PRODUK “DISERLAN” BAWA MAHASISWA UIN MALIKI RAIH PRESTASI
Putut Wahyu Hardiyanto Selasa, 20 September 2022 . in Berita . 132 views

4370_panitia.png

HUMAS-Mahasiswa Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim(UIN Maliki Malang) kembali raih prestasi. Kali ini, mahasiswa kampus berlogo Ulul Albab menjadi Juara 1 dan Juara Best Video dalam ajang kompetisi Business Plan Competition tingkat mahasiswa yang diadakan Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang dengan tema "Developing a Creative Business base on Industry 4.0". Mahasiswa berprestasi itu merupakan satu tim yang terdiri tiga orang, yakni: Maziyatul Khoiroh (200602110065), Deby Putri Aditiya (200602110053), dan M. Hafizul Haqiqi (200602110102). Mereka semua rekan seangkatan berasal dari Program Studi(Prodi) Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi(Saintek) UIN Maliki Malang.Selasa(20/9)

Dilatarbekangi dengan munculnya berbagai olahan makanan modern di era milenial ini maka lahirlah ide inovatif, kreatif dan solutif dari tim mahasiswa UIN Maliki Malang. Hingga akhirnya saat tampil di lomba Businessplan Competition tersebut, tim mengambil judul "DISERLAN (Dimsum Serat Siwalan)  Inovasi Dimsum dengan Pemanfaatan Potensi Lokal Sebagai Oleh-Oleh Khas Tuban Berbasis Sosiopreneur".

Alasan tim mahasiswa UIN Maliki Malang mengangkat judul Dimsum Serat Siwalan karena siwalan merupakan tanaman tropis yang tumbuh baik di wilayah Jawa Timur khususnya kabupaten Tuban. Jumlahnya melimpah sehingga masyarakat yang ada di sana banyak yang berprofesi sebagai petani dan penjual  buah siwalan (legen dan ental). Namun, para petani dan penjual siwalan seringkali membuang hasil sampingnya (serat siwalan)  karena dianggap tidak memiliki manfaat sehingga dibakar agar tidak menumpuk dan menyebabkan bau busuk. Dalam seminggu satu penjual es siwalan bisa mengupas 500-1000 batok siwalan. Dari permasalahan tersebut, mereka ingin membuat sebuah inovasi untuk mengangkat nilai ekonomis dari serat buah siwalan, yakni dijadikan sebagai dimsum. Pemilihan dimsum sebagai produk olahan berbahan siwalan karena dimsum merupakan makanan modern yang banyak dijual di Indonesia dan menjadi makanan yang disukai oleh semua kalangan. Umumnya dimsum terbuat dari daging ayam seharga 2000-3000 tiap pcs-nya.

4371_panitia.png

Besar harapan dari para mahasiswa ini adalah semoga produk DISERLAN itu bisa mengatasi permasalahan yang ada, yakni menciptakan makanan yang sehat, unik, praktis, dan terjangkau. Pertama dikatakan makanan sehat, yakni berbahan dasar serat siwalan yang memiliki kandungan zat antosianin, monoterpene, dan sesquiterpen yang baik untuk tubuh. Kedua,unik karena belum pernah ada dimsum yang berbahan baku dari serat siwalan. Ketiga disebut praktis itu maksudnya bisa dimakan dimana dan kapan sajaatau Ready to eat and ready to use. Terakhir makanan itu terjangkaukarena harganya jauh lebih murah dibandingkan dimsum pada umumnya.

Ditambah satu hal lagi, bahwa para mahasiswa tersebut juga menerapkan aspek sosiopreneur yakni inovasi DISERLAN mampu meningkatkan nilai ekonomis kulit siwalan, pemberdayaan potensi lokal di kabupaten Tuban berupa buah siwalan serta pemberdayaan ibu-ibu sebagai tenaga produksi.(ptt)

(Hardianto)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up