PUSAT BAHASA SALAH SATU CIRI KHAS UIN MALANG
Iffatunnida Selasa, 13 Juni 2023 . in Berita . 518 views
5612_bahasa2.jpg

UIN MALANG-Setiap universitas pasti memiliki budaya pendidikannya masing-masing, termasuk juga UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Menurut Rektor UIN Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA., ada tiga hal yang membedakan kampusnya dengan kampus lain.
Pertama, adanya Ma'had al-Jami'ah di tengah lingkungan kampus. Kedua, adanya Markaz al-Lughoh (Pusat Bahasa) yang bertugas menyediakan fasilitas pembelajaran bahasa asing di UIN Malang. Terakhir adalah keberadaan Hai'ah Tahfiz al-Quran sebagai unit pendidik mahasiswa-mahasiswi penghafal Kitab Suci al Quran. Saat menyampaikan hal ini, ia juga menyatakan dukungannya atas penyelenggaraan Workshop Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Asing Berbasis IT di Dendrobium Hall Agro Kusuma Hotel, Kota Batu (13-15/6).
Rektor melanjutkan, tiga distingsi tersebut membuat UIN Malang istimewa dibanding PTKIN lain di Indonesia. Tak hanya menjadi ciri khas, ketiga hal tersebut juga mempengaruhi sistem belajar-mengajar di Kampus Berlogo Ulul Albab ini. Karenanya, ada kerangka keilmuan yang disusun khusus di UIN Malang, yakni integrasi ilmu yang tercermin dalam Pohon Keilmuan. Dengan begitu, seluruh mahasiswa tak hanya mempelajari bidang studi keminatannya, namun juga ilmu agama. "Saya yakin susah mencari lulusan atau sarjana yang kompeten sekaligus menguasai ilmu agama," tegasnya.

5613_bahasa3.jpg

Sementara itu, Prof. Dr. M. Abdul Hamid, MA., Direktur Pusat Pengembangan Bahasa menyatakan untuk membuat pembelajaran bahasa asing yang berhasil, maka workshop ini diadakan. Ia ingin agar selama tiga hari, para dosen PPB dapat menghasilkan rencana pengajaran bahasa asing dengan menerapkan Strategi 3M, yakni memudahkan, menyenangkan, dan membisakan. Tak hanya itu, mengingat saat ini sudah memasuki era teknologi modern, maka pembelajaran tersebut juga harus melibatkan produk-produk teknologi terkini.
Beberapa hal yang akan dilakukan para dosen PPB selama workshop tiga hari, menurut Prof. Hamid, ialah menyusun Lesson Plan, melakukan review, lalu proses finishing. Dengan tahap-tahap ini, maka produk pengajaran yang dihasilkan akan valid serta aplikatif. "Ke depannya, seluruh produk ini akan disatukan dan diterbitkan menjadi buku pedoman bagi para dosen," jelas Guru Besar Bidang Ilmu Bahasa Arab tersebut.
Workshop Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Asing Berbasis IT ini diperuntukkan khusus bagi dosen-dosen di bawah naungan Pusat Pengembangan Bahasa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Total sebanyak 185 dosen mengikuti workshop di Kota Batu selama tiga hari ini. Para peserta terdiri dari 141 dosen PKPBA, 38 dosen PKPBI, dan 6 dosen BIPA. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up