Asesmen Lapangan Pasca Sarjana UIN Malang Untuk Akreditasi Program Studi
Abadi Wijaya Sabtu, 16 September 2023 . in Berita . 310 views
5986_asesmen.jpg

Humas UIN Malang - Program Studi Doktor (S3) Hukum Keluarga islam Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang telah sukses menggelar acara asesmen lapangan dalam rangka akreditasi program studi (16/9). Acara yang seharusnya berlangsung selama dua hari, mengalami penyesuaian jadwal setelah pihak Kementerian Agama memberikan arahan untuk memadatkannya hingga satu hari penuh.

"Ini merupakan momen penting bagi kita karena melibatkan akreditasi dari 9 program studi, di mana 6 di antaranya telah berhasil menjalankan proses akreditasi. Hal ini menjadi nilai tertinggi dalam asesmen perguruan tinggi," ungkap Prof. Dr. H. Wahidmurni, M.Pd diretur Pasca Sarjana.

Hasil dari dua program studi baru yang sebelumnya belum pernah mengalami asesmen menunjukkan hasil yang sangat memuaskan. Ini menandakan peningkatan signifikan dalam kualitas pendidikan yang diberikan oleh program studi tersebut.

Sebagai bagian dari persiapan, semua langkah telah dikonsultasikan dan diverifikasi oleh pihak LP2M UIN Malang. "Pengalaman ini selalu unggul, bahkan pada tingkat terendah sekalipun. Kami yakin bahwa persiapan yang matang telah membuahkan hasil yang baik," tambahnya.

Meskipun terdapat dua atau tiga program studi yang belum mencapai tingkat unggul, hal ini dianggap wajar karena status baru mereka yang belum terakreditasi. Ketidakmungkinan untuk mencapai status unggul disebabkan oleh kurangnya data survei lulusan.

Proses akreditasi sebenarnya merupakan langkah kritis dalam memantau dan memperbaiki kualitas pendidikan di setiap program studi. Melalui visitasi dan asesmen lapangan, para asesor akan menilai kelebihan dan kekurangan yang ada, yang nantinya akan menjadi fokus perbaikan di masa depan.

"Dari sudut pandang kami, hal yang paling penting adalah mengidentifikasi kelemahan yang perlu kami benahi ke depannya, seperti kurangnya penyelenggaraan, pelayanan terhadap mahasiswa, dan fasilitas. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Pasca Sarjana UIN Malang," tutupnya.

Pasca Sarjana UIN Malang optimis bahwa upaya mereka dalam menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan akan menjadikannya salah satu lembaga terbaik di Indonesia, terutama dalam hal sumber daya manusia dan fasilitas yang tersedia.

Reporter & Fotografer: Rahmata Bella
Editor: Edy Hyto

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up