Webinar Nasional HMPSF Habbatussauda: Mengupas Kosmetika Bahan Alam yang Halal
Abadi Wijaya Minggu, 12 November 2023 . in Berita . 428 views

Turut mempromosikan produk halal, HMPSF Habbatussauda' mengadakan webinar dengan tema "Eksplorasi herbal yang bersertifikasi halal dalam dunia kecantikan". Webinar ini diikuti oleh 358 peserta dari mahasiswa FKIK UIN Malang, mahasiswa eksternal UIN Malang, praktisi kesehatan, hingga siswa SMA.

Webinar yang digelar pada (12/11) itu mengundang pembicara yang expert di bidangnya, mulai dari praktisi di bidang kosmetik sampai pihak balai besar POM.

6234_webinar.jpg
Pemateri pertama

Prof. Dr. apt. Roihatul Muti'ah, M.Kes, Wakil Dekan 1 bidang akademik dan kelembagaan FKIK UIN Malang, menyampaikan seputar kosmetika dan bahan kosmetika halal. Beliau juga menjelaskan contoh bahan alam seperti delima yang berpotensi memiliki aktivitas fotoprotektif sinergis pada pembawa lipid berstruktur nano. Beliau juga mengulas urgensi kosmetika halal dan peluang serta tantangan yang menanti seiring bertambahnya permintaan pasar.

6233_webinar.jpg
Pemateri kedua

apt. Drs. Rosid Sujono, MM., Manufacturing Director PT. Victoria Care Indonesia tbk., berdasarkan pengalaman di ranah kosmetik, mengupas tentang apa itu kosmetik dan kosmetik bahan alam mulai dari bentuk dan jenisnya, perkembangan kosmetik bahan alam, sampai masalah dalam proses pembuatannya. Beliau juga menjelaskan cara pengolahan bahan dasar kosmetika bahan alam, cara membuat formulasinya, apa saja yang diperlukan dalam hal produksi skala besar seperti uji yang dilakukan, proses mendapatkan bahan baku ekstrak, formulasi, dan lain sebagainya.

6235_webinar.jpg
Pemateri ketiga


apt. Budi Sulistyowati, S.Farm., Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar POM Surabaya, memaparkan tentang CPKB (Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik) mulai dari tujuan, dasar hukum, biaya, syarat, sampai cara pengajuan berdasarkan jenis golongan kosmetikanya. Selain CPKB, beliau juga menjelaskan tentang registrasi kosmetik seperti syarat kosmetik yang baik, syarat mutu, syarat kemanfaatan, syarat penandaan, pendaftaran produk kosmetik dan data-data yang diperlukan.

"Selain itu, saya juga berharap dapat menumbuhkan motivasi dalam mengembangkan kosmetika bahan alam yang bagus, halal, dan dapat digunakan tanpa adanya efek samping dan ketergantungan. Karena webinar ini adalah event tahunan dari HMPSF sendiri maka untuk webinar tahun depan semoga masih dapat melanjutkan dalam memberikan ilmu-ilmu yang bermanfaat dan dapat memotivasi pharmacist muda dan juga dapat diikuti oleh kalangan masyarakat umum," imbuhnya."Dengan adanya Webinar Nasional tahun ini harapannya, masyarakat, terutama yang beragama muslim untuk lebih selektif dalam memilih kosmetika yang halal baik dari bahan dan pengolahannya. Karena sekarang ini banyak beredar kosmetik-kosmetik baru yang entah itu kehalalannya dapet dipastikan atau tidak dan juga apakah kosmetik tersebut sudah memiliki izin resmi dari BPOM," ujar Wahyu Surya Permana Abidin (Penanggung jawab Webinar Nasional).

Narasumber: Wahyu Surya Permana Abidin (Penanggung jawab Webinar)
Reporter: Raalins W
Editor: Edy Hyto

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up