UIN Malang Hadiri Rakornas Pusat Pengabdian kepada Masyarakat
Abadi Wijaya Jumat, 15 Desember 2023 . in Berita . 298 views
6501_sa.jpg

HUMAS UIN MALANG - Rapat Koordinasi Nasional Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat pada PTKIN dilaksanakan hari Kamis-Jumat, 14-15 Desember 2023 Tuscany Boutique Hotel Serpong, Kota Tangergan Selatan Banten. Tujuan kegiatan ini diantaranya untuk penguatan mutu, kualitas, dan koordinasi pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat dan KKN tahun anggaran 2024 di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.

6502_pul.jpg

“Banyak agenda bahasan dalam kegiatan Rakornas tahun 2024 ini, diantaranya Pemilihan Ketua/ Pengurus Forum Pengabdian kepada Masyarakat, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Moderasi Beragama, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional, International Conference on University Community Engagement (ICON-UCE), Short Course/ Workshop Metodologi Pengabdian kepada masyarakat, (PAR, ABCD, CBR, SL) Dalam & Luar Negeri Kolaborasi Kemenag RI – LPDP, dan Program bantuan Pengabdian kepada Masyakat (PkM) Litapdimas” Ujar Dr. Amiruddin Kuba, Kasubdtim pada Pengabdian kepada Masyarakat Kemenag RI.

Dalam koordinasi hari ini telah ditetapkan bahwa tuan rumah KKN Nasional Moderasi beragama tahun 2024 di IAIN Pontianak. Dibahas juga tentang persiapan KKN Nasional Moderasi beragama tahun 2024, diantaranya membuat juknis, pemilihan tuan rumah, pembentukan panitian SC/OC, waktu penyelenggaraan KKN, penentuan jumlah peserta per PTKN, dan anggaran. Berdasarkan pengalaman KKN Nusantara Moderasi Beragama tahun 2023 lalu di IAIN Pare Pare dilaksnakan tanggal 16 Juli-26 Agustus 2023. Lokasinya di Kab. Tana Toraja yang diikuti oleh 324 Mahasiswa dari 52 PTKN (48 PTKIN, 2 PTK Hindu, 2 PTK Kristen).

Sedangkan untuk kegiatan ICON-UCE ada tiga perguruan tinggi yang siap ditempati, yaitu IAIN Kendari, UIN Imam Bonjol Padang, dan IAIN Fattahul Muluk Papua. “Papua siap menjadi penyelenggara ICON-UCE, agar semua bisa merasakan besarnya perjalanan dinas, tidak hanya kami yang dari papua yang harus rela mengeluarkan ongkos besar sekitar 15 juta untuk sampai ke Jakarta” tutur Dr. Yamin, Ketua LPPM IAIN Fattahul Muluk Papua. Beliau juga bersemangat meminta kampus PTKIN setiap tahun mengirimkan dua mahasiswanya untuk melaksanakan KKN di Papua, agar bisa membantu warga Papua berdiri tegak bersama seperti masyarakat Indonesia yang lain.

 Adapun bentuk kegiatannya meliputi Internastional Conference, Expo Hasil Pengabdian, Training metodologi Pengabdian kepada Masyarakat (PAR&ABCD), dan Seleksi Pengabdian Terbaik yang meliputi penyelenggara KKN terbaik, Tokoh Inspiratif dalam pengabdian, program PkM terbaik. Pelaksanaan ICON-UCE sudah dilaksanakan empat kali. Kali pertama tahun 2014 di UIN Alauddin Makassar, ICON-UCE kedua tahun 2016 di UIN Sunan Ampel Surabaya, ICON-UCE ketiga tahun 2018 di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, ICON-UCE keempat tahun 2022 di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. 

Juga ada acara penunjang  yaitu Festival Budaya Santri Nusantara, Stand Up Comedy Santri, Kontes Lagu Solo Religi, Donor Darah, Pemberian Parcel Cerdas Untuk Dhuafa, dan Tabligh Akbar. Ketika ICON UCE di UIN Sunan Ampel Surabaya tahun 2016 ada tambahan kegiatan ‘Mengaji Indonesia’ yang dihadiri Bapak Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, KH. Mustofa Bisri, dan Rosiana Silalahi. Sedangkan di Malang tahun 2018 kegiatan ‘Mengaji Indonesia’ dihadiri Bapak Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, D. Zawawi Imron, dan Alissa Wahid. (Kostributor: Syaiful Mustofa).

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up