UIN Maliki Malang Meraih Penghargaan UI Greenmetric 2023 sebagai Universitas Paling Berkembang dalam Keberlanjutan
Abadi Wijaya Jumat, 1 Desember 2023 . in Berita . 266 views
6375_prestasi.jpg
MEMBANGGAKAN: Rektor UIN Malang menerima penghargaan UI Greenmetric 2023

HUMAS UIN MALANG - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) berhasil meraih penghargaan Anugerah UI Greenmetric dalam kategori Universitas Paling Berkembang dalam Keberlanjutan di Indonesia tahun 2023. Prof. Dr. H. M. Zainuddin, M.A., Rektor UIN Maliki Malang, menerima penghargaan prestisius ini dalam acara UI Greenmetric World University Ranking 2023 di Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, pada Kamis (30/11/2023).
Prof. Dr. H. M. Zainuddin menyatakan bahwa pengakuan ini merupakan hasil dari dedikasi semua pihak di UIN Maliki Malang dalam upaya menjadikan kampus mereka lebih berkelanjutan.
UI GreenMetric World University Ranking adalah evaluasi kinerja universitas di seluruh dunia dalam aspek keberlanjutan. Pemeringkatan ini telah dilakukan oleh Universitas Indonesia sejak tahun 2010 dan diikuti oleh lebih dari 1000 universitas dari 84 negara.

6376_sas.jpg


Inisiatif Peringkat Universitas Dunia oleh Universitas Indonesia dimulai pada tahun 2010 dengan nama "UI GreenMetric World University Rankings". Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi upaya berkelanjutan perguruan tinggi global melalui survei online, mencakup program dan kebijakan keberlanjutan universitas di seluruh dunia.
Pemeringkatan ini bertujuan untuk memberikan kontribusi pada dialog berkelanjutan di bidang pendidikan dan penghijauan kampus, mengampanyekan peran universitas sebagai agen perubahan sosial untuk tujuan berkelanjutan, menjadi alat evaluasi diri untuk keberlanjutan kampus di institusi pendidikan tinggi global, dan memberikan informasi kepada pemerintah, badan lingkungan, serta masyarakat tentang program-program berkelanjutan di kampus.

6377_dw.jpg


UI GreenMetric menilai kinerja universitas berdasarkan tiga pilar utama, yaitu Lingkungan Hidup, Ekonomi, dan Sosial, dengan berbagai indikator, seperti Keadaan dan Infrastruktur Kampus, Energi dan Perubahan Iklim, Pengelolaan Sampah, Penggunaan Air, Transportasi, Pendidikan, dan Riset.

 

Reporter: Bella

Foto: Humas UIN Malang

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up