Dukung Mahasiswa Lanjutkan Studi di Luar Negeri, UIN Malang Gelar Turkish Scholarship Talk
Abadi Wijaya Rabu, 27 Maret 2024 . in Berita . 254 views
7037_sch.jpg

HUMAS UIN MALANG | Membuka gerbang peluang bagi para mahasiswa untuk melanjutkan studi di luar negeri, UIN Malang menyelenggarakan kegiatan Turkish Scholarship Talk pada Rabu (27/03). 

Kegiatan yang diselenggarakan di ruang pertemuan lantai tiga gedung rektorat UIN Malang ini menghadirkan pemateri yang luar biasa, Tubagus Baqiyatullah Nashiruddin Albanna, yang kerap disapa Kak Alba. Beliau merupakan Sekertaris Konsulat Kehormatan Indonesia - Turki tahun 2022-2024. Adapun peserta kegiatan ini adalah para mahasiswa UIN Malang dari berbagai fakultas, termasuk para awardee Student Exchange by PMU UIN Malang tahun 2023, yang dikoordinasi oleh Kantor Urusan Internasional dan PMU UIN Malang. 

Turkish Scholarship Talk dibuka secara langsung oleh Zainur Rofiq, M. A., yang mewakili Wakil Rektor 4 Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga dan para pimpinan. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini bermanfaat dan dapat membuka wawasan para mahasiswa. "Kami harap nantinya para mahasiswa setelah menyelesaikan studi di UIN Malang dapat melanjutkan studi di luar negeri, salah satunya di Turki ini," harapnya. 

7038_sch.jpg

Dalam acara inti, yaitu pemaparan informasi studi di Turki oleh Kak Alba, dimoderatori oleh Ulfa Masamah, M. Pd., selaku staff PMU UIN Malang. Dalam pemaparannya, Kak Alba memberi informasi tentang program beasiswa dan non-beasiswa untuk studi di Turki dan juga informasi terkait tahapan-tahapan awal yang perlu dilakukan untuk studi di luar negeri. "Yang pertama _research_ dulu, jadi kita cari tahu dulu seputar kuliah di luar negeri. Setelah itu, baru kita pilih program yang ingin kita daftar dan penuhi persyaratannya," paparnya. 

Program-program beasiswa studi di Turki yang beliau sebutkan antara lain Turkiye Burslari, Bilikent University Scholarship, dan lain-lain. Selain itu, beliau juga memberikan informasi terkait program-program short course yang dapat diikuti olah mahasiswa selama liburan perkulihan. 

7039_sch.jpg

Peserta tampak menyimak dengan seksama dan aktif bertanya di sesi tanya jawab. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa UIN Malang memiliki semangat dan antusiasme yang tinggi untuk melanjutkan studi di luar negeri.

 

Reporter: Nyiur Salsabila

Editor: Edy Hyto

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up