Kerjasama UIN Malang dan Dirjen Bimas Islam: Langkah Strategis untuk Membangun Ketahanan Keluarga
Abadi Wijaya Senin, 4 Maret 2024 . in Berita . 147 views

 

6929_kerjasama.jpg
KERJASAMA: Rektor UIN Malang dan Dirjen Bimas Islam Kemenag RI saat menandatangani MoU di ruang Rektor. Senin, 4 Maret 2024.

HUMAS UIN MALANG - Usai suksesnya pelaksanaan Seminar Nasional yang menghadirkan tokoh-tokoh penting seperti Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin, MA, dan Kasubdit Bina Keluarga Sakinah, Dr. H. Agus Suryo Suripto, S.Ag., M.H., Fakultas Syariah UIN Malang mengukuhkan kerjasama yang penting dalam ruang Rektorat. Senin, 4 Maret 2024.

Penandatanganan kerjasama antara UIN Malang dan Dirjen Bimas Islam ini dihadiri oleh Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, bersama dengan para Wakil Rektor dan Dekan Fakultas Syariah. Salah satu momen krusial dalam seminar ini adalah penandatanganan kerjasama yang mencakup aspek Tridharma perguruan tinggi, terutama dalam hal pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

6930_posee.jpg

"Implementasinya kedepan Fakultas Syariah dengan Dirjen Bimas Islam akan berkolaborasi untuk menggelar seminar, workshop, penelitian, pelatihan manajerial, administrasi, serta dokumentasi dan sistem informasi ke KUA an," terangnya dalam penandatanganan kerjasama ini.

Namun, kerjasama ini tidak hanya terbatas pada ranah akademik. Di masa mendatang, kerjasama ini juga akan memberikan Pelatihan Training of Trainer (TOT) kepada para dosen dan mahasiswa, yang akan mencakup berbagai aspek bimbingan, mulai dari remaja usia sekolah hingga pada pelayanan keluarga.

"Selain itu, juga ada TOT bimbingan amil zakat, nadzir wakaf, dan juga peningkatan literasi zakat dan wakaf," urainya.

Sementara itu, mahasiswa UIN Malang juga turut berharap dampak penandatanganan inibisa memberikan kontribusi bagi pengalaman belajar yang holistik di kampus dan mahasiswa. Melalui seminar nasional ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pemahaman dan implementasi regulasi negara dalam upaya membangun ekonomi yang berkelanjutan serta meningkatkan ketahanan keluarga di tengah arus globalisasi dan perkembangan teknologi. “Sebuah langkah strategis yang diharapkan dapat membawa dampak positif bagi masyarakat Indonesia,” harapnya.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up