Kokohkan Karakter Kebangsaan pada Mahasiswa, UIN Malang Gelar Sosialisasi Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila
Abadi Wijaya Jumat, 22 Maret 2024 . in Berita . 173 views
7006_pncs.jpg

HUMAS UIN MALANG - Salam Pancasila! Begitulah simbol persatuan bangsa yang menggema di Gedung Sport Center UIN Malang pada Jumat, 22 Maret 2024. 

UIN Malang menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila, melalui bedah buku "Islam dan Pancasila Perspektif Maqashid Syariah," karangan Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA., Ph. D. Kegiatan yang bertujuan untuk mengokohkan karakter kebangsaan ini diikuti oleh para mahasiswa UIN Malang dengan khidmat.

7007_pancasila.jpg

Meski sedang berpuasa tidak menyurutkan semangat dan antusiasme mahasiswa karena kegiatan ini sangat spesial yang dihadiri oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA. Ph. D., serta Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan, Ir. Prakoso, M. M. 

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga, Dr. H. Isroqunnajah, M. Ag., yang mewakili Rektor UIN Malang. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Indonesia adalah negara kepulauan, negara yang luas. "Meski demikian, Indonesia bukanlah negara yang bersifat komersial untuk disintegrasi," tuturnya. Pada faktanya, Indonesia telah berhasil mempertahankan persatuan dan kesatuannya selama lebih dari 70 tahun.  

7008_pancasila.jpg

Dilanjutkan dengan sambutan oleh Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan, Ir. Prakoso, M. M., beliau menegaskan bahwa Pancasila menjadi kesepakatan untuk membentuk negara ini. "Sehingga pertemuan pada sore hari ini akan menambah ketebalan kebangsaan untuk cinta tanah air," tegasnya.

Penguatan pembinaan ideologi Pancasila adalah langkah penting untuk menjaga fondasi bangsa. Hal ini bukanlah hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga seluruh elemen bangsa. Kolaborasi dan sinergi antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat luas sangat penting dan diperlukan untuk mewujudkan generasi muda yang berkarakter Pancasila.

7009_pancasila.jpg

Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA. Ph. D., dalam pidatonya menyampaikan bahwa muslim Indonesia adalah muslim yang paling beruntung yang hidup di negara nasional. Pancasila adalah dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia, yang di dalamnya terkandung nilai-nilai luhur yang menjadi pedoman hidup bagi seluruh rakyat Indonesia. Beliau juga menyampaikan bahwa meskipun masyarakat muslim adalah masyarakat mayoritas di Indonesia, namun harus tetap tunduk kepada Pancasila karena 3 hal. "Reformasi yang menang adalah pemimpin, mendapat pengakuan internasional, serta konsesus/ijma merupakan hukum tertinggi," jelasnya. 

Sebagai bangsa Indonesia, kita harus bersatu padu untuk menjaga dan merawat Pancasila agar Indonesia menjadi negara yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

 

Reporter: Nyiur Salsabila

Editor: Edy Hyto

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up