Matangkan Bekal Pengajaran Lapangan bagi Mahasiswa, Prodi PAI Terjunkan Tim Pondok Ramadan di SDN Lowokwaru 3 Kota Malang
Abadi Wijaya Minggu, 24 Maret 2024 . in Berita . 192 views
7012_pai.jpg

HUMAS UIN MALANG – Bulan Ramadan menjadi momok penting bagi mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang. Pasalnya tahun ini, prodi PAI kembali mendapat tawaran dari SDN Lowokwaru 3 Kota Malang setelah tahun lalu juga turut menyukseskan rangkaian kegiatan Pondok Ramadan dengan mengajar di sekolah.

Kepala Sekolah SDN Lowokwaru 3 Kota Malang, Anis Yuniati menyampaikan terima kasih atas bantuan mahasiswa UIN Malang. "Kami berterima kasih kepada teman-teman mahasiswa karena sangat terbantu dengan adanya mahasiswa yang mau belajar mengajar di sini,” tandasnya.

Sementara itu, Mujtahid (Kaprodi PAI) mengatakan bahwa pihaknya siap jika ada kesempatan lagi diminta untuk mengirimkan mahasiswa dalam rangka saling belajar di sekolah. “Kami terbuka untuk bekerja sama dalam hal pembelajaran bagi mahasiswa kami, karena jam terbang juga sangat penting untuk menambah pengalaman, khususnya pengalaman mengajar,” tegasnya.

7013_pai.jpg

Kegiatan yang berlangsung Selasa hingga Jumat (19-22/3/2024) itu sebagai ajang latihan dan pengajaran para mahasiswa sekaligus mengisi waktu dengan kegiatan yang produktif. Di mana, PAI menurunkan tim yang berisi 10 mahasiswa semester akhir, diantaranya, Nafa Nabilah (koordinator), Latifatuz Zahro, Rohmatul Azizah Zaituni, Abi Lazkar Amar Makrufi, A. Adib Dzulfahmi, Rizal Khoirul Umam, Sulthan Fathani Elsyam, Tania Nafida Aimmah, Fita Azkiyatur Rofi’ah, Nihayatus Sa’adah, dan Azida Nurrohmah.

Nafa Nabilah selaku koordinator mahasiswa mengatakan meski mereka yang diturunkan adalah mahasiswa semester akhir, tak membuat mereka kesulitan karena proses ini sangat bermanfaat sebagai bekal menyiapkan mental calon pendidik dan pematangan dari hasil studi.

Melalui Hasyim, guru sekaligus ketua panitia Pondok Ramadan SDN Lowokwaru 3 menceritakan jika sebelumnya dia telah menghubungi Mujtahid (Kaprodi PAI) untuk berkenan mengirimkan kembali mahasiswanya untuk mengajar di bulan Ramadan. “Seperti tahun lalu, kami mengajukan permohonan kepada Pak Mujtahid agar mahasiswa PAI bisa mengisi (kegiatan mengajar) di sini,” katanya.

7014_pai.jpg

Hasyim menambahkan, hadirnya mahasiswa kegiatan Pondok Ramadan ini menggugah semangat siswa. Pasalnya, seluruh siswa (kelas 1-6) tampak antusias mengikuti kegiatan, mulai dari pembelajaran dengan materi-materi Ramadan meliputi materi puasa, zakat, salat idul fitri, dan tadarus al-qur’an hingga salat tarawih berjamaah di musala. “Alhamdulillah Pondok Ramadan tahun ini anak-anak ikut senang dan aktif karena didampingi kakak-kakak mahasiswa UIN Malang. Harapannya agar para siswa bisa lebih paham ilmu agama," imbuhnya. 

Terakhir, dia berharap kedepannya antara sekolah dan kampus dapat bersinergi dan kerja sama kembali agar silaturahim tetap terjaga, “Harapannya ke depan kerja sama antara pihak sekolah dan PAI UIN Malang bisa terus berlanjut," tutupnya. (sf)

 

Reporter dan Fotografer: Sulthan Fathani Elsyam

Editor: Edy Hyto

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up