Menuju 1000 Buku: Workshop Penulisan Buku Ajar Dosen FITK UIN Malang
Abadi Wijaya Selasa, 26 Maret 2024 . in Berita . 138 views
7021_buku.jpg
Workshop Penulisan Buku Ajar Dosen FITK

HUMAS UIN MALANG - Dalam upaya meningkatkan standar pembelajaran yang berkualitas dan mendukung program 1000 buku, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) menggelar workshop penulisan buku ajar bagi para dosen (26/3). Sebelumnya, FITK telah menjadi penyumbang terbesar artikel dan e-book.

Mengusung tema "Peningkatan Literasi Dosen Melalui Penulisan Buku/E-Book Referensi/ Ajar," workshop ini dihadiri oleh puluhan dosen FITK yang antusias untuk memperdalam keterampilan menulis buku ajar yang berkualitas. Materi workshop diisi oleh Dr. Hayat, S.A.P., M.Si. dan Epik Finilih, S.Si., M.Hum. yang profesional di bidang penulisan, editorial, dan penerbitan.

 

7022_buku.jpg
Dekan FITK dalam Workshop Penulisan Buku Ajar Dosen FITK

Dekan FITK, Prof. Dr. H. Nur Ali, M.Pd., mengutarakan bahwa tujuan dari workshop ini adalah untuk membangun konsep dasar berpikir dan menulis, "penting untuk membangun pengetahuan awal tentang fakta, integrasi, dan aktivasi pengetahuan." Workshop ini juga dilakukan atas program 1000 buku, "Mudah-mudahan, apa-apa yang ditulis dapat bermanfaat bagi pembaca."

7023_buku.jpg
Rektor UIN Malang dalam Workshop Penulisan Buku Ajar Dosen FITK

Rektor UIN Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, M.A., sangat mendukung workshop Penulisan Buku Ajar Dosen FITK. "Modal pendidik tidak lepas dari Tridharma Perguruan Tinggi (pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat). Pendidik yang baik haruslah memiliki referensi seluas dan serelevan mungkin, yang mana hal ini menuntut untuk banyak membaca dan menulis." 

Beliau juga mendorong penelitian yang komprehensif berdasarkan fenomena yang terjadi. Hal ini bukan perkataan semata, beliau nyatanya rutin mengirim artikel opini ke media koran nasional. "Menulis adalah bagian dari hidup kita, hidup seorang dosen," pungkasnya.

 

Reporter & Fotografer: Raalins W

Editor: Edy Hyto

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up