Silaturahmi Nasional Pendamping Proses Produk Halal UIN Malang 2024
Abadi Wijaya Minggu, 3 Maret 2024 . in Berita . 236 views
6924_sn.jpg

HUMAS UIN MALANG - Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) UIN Malang menyelenggarakan kegiatan Silaturahmi Nasional Pendamping Proses Produk Halal 2024 di Gedung Rektorat Lt.5 pada Ahad, 3 Maret 2024.

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh P3H se-Indonesia (di bawah naungan LP3H UIN Malang) ini dibuka oleh Siti Maemunah, M. Farm., selaku Ketua LP3H UIN Malang. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan Silaturahmi Nasional P3H ini merupakan kegiatan yang ke-2 yang telah dilaksanakan oleh LP3H UIN Malang. Beliau juga memaparkan beberapa tujuan pelaksanaan kegiatan, yaitu untuk mempererat tali silaturahmi P3H dengan lembaga dan dinas terkait, untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada para pendamping PPH untuk dapat berkinerja sesuai dengan aturan, juga untuk memberikan informasi kepada pendamping PPH untuk bekerja lebih baik dan tetap semangat dalam pendampingannya. "Saya harap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dalam pendampingan sertifikasi halal," harapnya. 

6925_sn.jpg

Dilanjutkan dengan kegiatan inti, yaitu pemaparan materi dari beberapa narasumber, yang dimoderatori oleh Abdul Wafi, Ph. D. Narasumber yang pertama adalah Dra. Susanti Widiastuti, M. T., selaku Kepala Bidang Produksi dan Restrukturiasi Usaha Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur. Dalam kesempatan kali ini, beliau menyampaikan bahwa UKM di Jawa Timur membutuhkan banyak fasilitas, baik dari pemerintah, BUMN, Perguruan Tinggi, maupun Perbankan. "Hal ini memang karena memang harus ada hubungan yang hexialis untuk mengembangkan UKM di Jawa Timur, baik produksi maupum pengembangan usaha dengan sertifikasi halal dan standardisasi," jelasnya.

Beliau juga menyampaikan kepada para pendamping PPH terkait pentingnya membantu pemasaran produk-produk UKM tersebut. "Pemasaran produk ini tidak bisa hanya dengan pemasaran secara offline saja, tetapi saat ini harus melek terhadap IT, yang pada zaman sekarang sudah menjadi bagian dari kehidupan," tuturnya.

Narasumber yang kedua, M. Fauzi, S. Ag., M. H., selaku Analis Kebijakan Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur, menyampaikan kepada para pendamping PPH terkait strategi Kantor Kementerian Agama Jawa Timur dalam mempercepat Sertifikasi Halal. Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan dapat mempererat tali silatirahmi dan memberi manfaat kepada seluruh pendamping P3H. 

 

Reporter: Nyiur dan Kiki

Editor: Edy Hyto

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up