Cerita Inspiratif Afskar, Lulusan Terbaik Fakultas Psikologi dengan Aktivitas Organisasi yang Padat
Abadi Wijaya Sabtu, 4 Mei 2024 . in Berita . 106 views

 

7152_psi.jpg

HUMAS UIN MALANG | Setelah prosesi yudisium dan menjadi lulusan terbaik dengan nilai memuaskan yang diperoleh di Fakultas Psikologi UIN Malang, Achmad Afskar akhirnya mendapat giliran untuk menjadi wisudawan dalam acara wisuda Ke-80 Periode 2 Tahun 2024 UIN Malang, yang diselenggarakan di Gedung Sport Center pada Sabtu, (4/5/2024).

Wisudawan yang kerap dikenal dengan sapaan Afskar tersebut merupakan mahasiswa yang telah menyelesaikan masa studi dalam waktu 3,5 tahun. Perjuangan menyelesaikan studi dengan waktu yang cepat merupakan suatu hal menantang bagi Afskar pasalnya ia juga aktif dalam kegiatan akademik dan non akademik selama berkuliah.

Selama berkuliah di Fakultas Psikologi UIN Malang, Afskar tergolong mahasiswa yang aktif dalam kegiatan organisasi intra mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Malang. Pengalamannya dimulai dengan menjadi bagian dari DEMA Fakultas Psikologi hingga mencapai posisi tertinggi di Senat Mahasiswa Psikologi, yakni Ketua Umum SEMA Fakultas Psikologi 2023.

7153_psi.jpg

Selain aktif berorganisasi, Afskar juga memiliki serangkaian prestasi akademik yang gemilang. Beliau dikenal sebagai mahasiswa yang rajin dan gigih dalam mencapai berbagai hal. Ia membuktikannya dengan menorehkan prestasi Juara 1 LKTI Nasional ILMPI V x UTM JATIM tahun 2023. 

Segala pencapaian dan kesuksesannya di bidang akdemik dan non akademik tentu tak lepas dari kemampuan manajemen waktu yang baik. Dalam sesi wawancara beliau menjelaskan bahwa segala hal yang diperolehnya saat ini merupakan hasil strategi yang ia lakukan dalam mengatur waktu selama berkuliah. Beliau menegaskan pentingnya mengatur skala prioritas guna menyelesaikan segala kegiatan dan tanggungjawab dengan berhasil.

“Selama berkuliah, saya selalu menyusun segala jadwal saya secara terstruktur serta menentukan skala prioritas dengan menempatkan tugas akademik sebagai mahasiswa sebagai prioritas tertinggi,” ungkapnya.

Menjadi organisatorias serta keterilbatan yang aktif dalam berorganisasi telah menjadi hal yang mendarah daging baginya. Berorganisasi memiliki peran krusial baginya dalam berkembang dan berproses di setiap langkahnya. Ia menuturkan bahwa melalui organisasi, ia dapat mengasah kemampuan dalam problem solving, teamwork, serta kemampuan dalam leadership.

“Setiap organisasi yang telah saya masuki, saya selalu belajar bagaimana untuk bisa berkolaboratif sesama sehingga berdampak baik bukan hanya bagi saya sendiri namun juga berdampak positif bagi orang lain,” tambahnya.

Beliau juga menegaskan pentingnya komunikasi yang efektif antar sesama anggota tim serta dengan pihak eksternal.

Setelah dinyatakan lulus dari Fakultas Psikologi UIN Malang, ia berharap dapat mengaplikasi segala ilmu yang telah ia dapatkan selama berkuliah di bidang profesional. Beliau juga menyampaikan harapannya dapat menempuh studi lanjut setelah S1 guna mengembangkan segala keterampilan dan ilmu pengetahuannya.

Dengan segala kecerdasan serta pencapaian yang telah diraih Afskar di bidang akademik dan non akademik, diharapkan dapat menjadi cerminan dan inspirasi bagi mahasiswa terkhusus mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Malang dalam mengukir prestasi akademik dan non akademik.

 

Reporter : Rizki Pratama

Editor : Edy Hyto

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up