Kapus PKM UIN Malang Sosialisasi Program KKN Internasional di IAIN Kudus
Abadi Wijaya Kamis, 30 Mei 2024 . in Berita . 365 views
7221_malam.jpg

HUMAS UIN MALANG - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus menyelenggarakan Workshop Penulisan Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat dan Sosialisasi Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional di Aula Laboratorium SBSN lantai tiga. Acara yang berlangsung pada hari Rabu, 29 Mei 2024 ini dihadiri oleh sekitar seratus mahasiswa dan beberapa dosen pembimbing lapangan (DPL).
Acara ini menghadirkan dua narasumber yang kompeten di bidangnya. Narasumber pertama, Dr. Nabiela Naily, Kepala Pusat Kerjasama Internasional LPPM UIN Sunan Ampel Surabaya, menyampaikan materi mengenai “Penulisan Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat”. Sedangkan narasumber kedua, Dr. Syaiful Mustofa, Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, membawakan tema "Sosialisasi dan Pemetaan Program KKN Internasional”.

7222_pem.jpg


Dalam sambutannya, Ketua LP2M IAIN Kudus, Shobirin, mengungkapkan kebanggaannya atas peningkatan kualitas pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh IAIN Kudus setiap tahunnya. "Alhamdulillah, dalam pengabdian kepada masyarakat setiap tahun IAIN Kudus semakin baik. Lokasi pengabdian tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Saat ini kampus telah mengirim mahasiswa pengabdian ke Malaysia dan Thailand. Ke depannya, kami akan berusaha untuk mengirim lagi ke beberapa negara dan berkolaborasi dengan kampus lain," ujarnya.
Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat IAIN Kudus, Agus Riyanto, menekankan pentingnya acara workshop ini. "Tujuan dilaksanakannya workshop penulisan ilmiah pengabdian kepada masyarakat adalah untuk memberikan wawasan dan pencerahan kepada mahasiswa mengenai pentingnya menulis untuk persiapan KKN mendatang. Sedangkan sosialisasi program KKN Internasional adalah agar mahasiswa bisa mempersiapkan diri dan menabung sejak sekarang," jelas Agus Riyanto.

7223_bersamax.jpg


Dr. Nabiela Naily, dalam sesinya, memberikan penjelasan mendalam tentang tata cara penulisan karya ilmiah pengabdian kepada masyarakat. Ia menjelaskan tujuan melakukan pengabdian, bentuk pengabdian, hasil pengabdian yang bisa dimanfaatkan masyarakat, serta model pendekatan pengabdian kepada masyarakat yang harus dilakukan.
Dr. Syaiful Mustofa, sebagai pemateri kedua, memaparkan model KKN Internasional yang dilaksanakan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Ia menjelaskan estimasi biaya yang perlu dipersiapkan, program kerja, laporan KKN, tata tertib pelaksanaan, serta dokumen yang perlu dipersiapkan. Ia juga memberikan gambaran mengenai budaya negara tujuan dan lokasi KKN di berbagai negara, seperti Mesir, Arab Saudi, Malaysia, Thailand, dan Kamboja.
Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan persiapan yang matang bagi mahasiswa IAIN Kudus untuk berpartisipasi dalam program KKN Internasional, meningkatkan kompetensi mereka dalam pengabdian kepada masyarakat, serta memperluas jaringan dan pengalaman internasional.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up