Lulus 100%: Sidang Terbuka Pengucapan Lafal Sumpah Apoteker Periode Pertama Tahun 2024 FKIK UIN Malang
Abadi Wijaya Kamis, 2 Mei 2024 . in Berita . 87 views
7126_farm.jpg
Pelafalan Sumpah Apoteker Dipimpin Rektor UIN Malang

HUMAS UIN MALANG - Suasana haru dan kebanggaan menyelimuti Auditorium Rektorat UIN Malang pada acara Sidang Terbuka Pengucapan Lafal Sumpah Apoteker Periode Pertama Tahun 2024 FKIK UIN Malang (2/5).

Acara yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Malang ini menjadi momen bersejarah bagi para mahasiswa dan civitas akademika. Acara ini dihadiri oleh Rektor UIN Malang beserta jajarannya, Dekan FKIK beserta jajarannya, Para Guru Besar; Kepala Biro dan Kepala Lembaga UIN Malang; Kepala dinas kesehatan kota dan kabupaten Malang; direktur Rumah Sakit, pimpinan Pedagang Besar Farmasi, pimpinan industri, pimpinan apotek jejaring beserta para preseptor; pengurus IAI kota dan kabipaten Malang; Kepala Prodi dan Sekretaris prodi UIN Malang, Universitas Brawijaya, Universitas Islam Malang, dan Universitas Ma Chung; Bapak/Ibu dosen dan civitas akademika UIN Malang, beserta tamu undangan.

Prof. Dr. apt. Roihatul Muti'ah, SF., M.Kes., selaku wakil dekan 1 FKIK UIN Malang manyampaikan dalam berita acara bahwa pada periode pertama ini, UIN Malang meluluskan apoteker angkatan pertamanya dengan rerata IPK 3,73 dan kelulusan 100%. IPK tertinggi 3,99 diraih oleh Fariza Amanatus S., S.Farm dan Nur Afiffah, S.Farm. Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Apoteker Indonesia (UKMPPAI) CBT Nasional (10/3) dengan nilai tertinggi 88,50; UKMPPAI OSCE (3/2) Nasional nilai tertinggi 78; keduanya diraih oleh oleh Riznah al-Rizqiyah, S.Farm. "Dengan ini, PSPPA UIN Malang angkatan perdana, 40 mahasiswa, lulus 100% first taker. Yang mana termasuk dalam 14 perguruan tinggi yang lulus 100% dari 58 penyelenggara pendidikan profesi apoteker seluruh Indonesia."

7125_farm.jpg
Pelafalan Sumpah Apoteker

"Sumpah apoteker menjadi konsekuensi dan pertanggungjawaban moral yang harus dijaga dalam menjalankan praktik profesional. Apoteker harus memegang teguh sumpahnya agar tidak melakukan perbuatan yang menyimpang dari etika profesi. Sebagai seorang apoteker, Saudara juga dituntut untuk menjadi ilmuwan, manajer, dan pendidik dalam masyarakat, utamanya bidang kefarmasian," ungkap Prof. Iha.

Rektor UIN Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA. dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker (PSPPA). "Saya mengucapkan selamat untuk Saudara sekalian sebagai apoteker dan sarjana farmasi yang telah lulus 100% dan termasuk ke dalam The Best 10 seluruh Indonesia". Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh orang tua, pimpinan dan civitas akademika FKIK UIN Malang, dan seluruh pihak terkait atas prestasi ini. "Melihat sejarah FKIK sangat penuh lika-liku dan dedikasi yang tinggi. Farmasi menjadi cikal bakal FKIK, bermula dari prodi yang tidak memiliki laboratorium memadai, sampai sekarang telah meluluskan 100% mahasiswa pendidikan apotekernya. Semoga Farmasi, khususnya, dapat terus maju dan berkembang sampai menjadi Fakultas Farmasi yang terus berdedikasi mencetak lulusan apoteker kompeten dan ulul albab," harapnya.

"Pengucapan lafal sumpah apoteker hanya beberapa menit, namun maknanya sangat dalam. Hal ini menjadi permulaan dari praktik kefarmasian saudara yang sangat panjang. Sungguh, jangan sekali-kali melupakannya, apalagi sengaja meninggalkannya," tutur Dekan FKIK UIN Malang, Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati P. W., M.Kes, Sp.Rad (K). "Tantangan apoteker baru pada saat ini semakin kompleks. Apoteker tidak hanya dituntut untuk memberikan pelayanan kefarmasian yang komprehensif saja, tetapi juga harus mampu menjadi seorang pemimpin di dunia kerja bidang farmasi. Maka jadilah apoteker yang unggul, berintegritas, termasuk menjaga peresepan obat yang rasional," pesannya.

Acara juga diisi dengan pidato dari perwakilan apoteker baru, apt. Nur Afiffah, S.Farm. "Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membersamai kami sampai pada titik ini. "Sumpah yang kami ucapkan bukanlah sekadar rangkaian kata, melainkan janji yang akan kami pegang teguh dalam setiap langkah. Kami bersama-sama berjanji akan menjalankan profesi ini dengan penuh dedikasi, kejujuran, dan integritas. Kami siap belajar dan mengembangkan diri demi memberikan pelayanan terbaik bagi dunia kesehatan. Semoga setiap langkah kami menjadi manfaat bagi sesama," ucapnya.

Acara Sumpah Apoteker FKIK UIN Malang ini tidak hanya menjadi sebuah seremoni formal, tetapi juga menjadi momentum penting dalam perjalanan karier para mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan profesi apoteker. Semoga dapat menjadi apoteker yang kompeten, berintegritas, dan memberikan kontribusi yang berarti bagi kemajuan dunia farmasi.

 

Reporter: Raalins W

Editor: Edy Hyto

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up