UIN Malang Konsolidasi dengan Konsulat Jenderal Amerika Surabaya
Abadi Wijaya Selasa, 7 Mei 2024 . in Berita . 200 views
7135_ilfi.jpg

HUMAS UIN MALANG-Dalam rangka mewujudkan visi misi universitas, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kembali menguatkan kerja sama internasional dengan Konsulat Jenderal Amerika Surabaya.
Kunjungan kali ini dihadiri oleh Prof. Dr. Hj. Ilfi Nur Diana, M.Si sebagai Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Dr. KH. Isroqunnajah, M.Ag sebagai Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Pengembangan Lembaga, Drs. H. Basri, MA., Ph.D sebagai Wakil Direktur Program Pascasarjana, Prof. Dr. Hj. Like Raskova Octaberlina, M.Ed sebagai Direktur International Office dan Muhammad Khafid Staff International Office, SE., ME.

7136_gus-is.jpg


Kunjungan kali ini diterima langsung oleh Joshua Shen sebagai Public Affairs Officer, U.S. Consulate General bertempat di Gedung Konjen Amerika Surabaya, Senin 6 Mei 2024. Pertemuan kali ini menghasilkan kesepakatan yang dituangkan dalam beberapa program yang mendukung terlaksananya Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Guna mendukung pendidikan dan pengajaran di lingkup kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, maka akan dilakukan kuliah tamu dengan menghadirkan ahli-ahli di bidang yang berhubungan dengan disiplin ilmu di fakultas-fakultas di UIIN MALANG untuk memberikan update perkembangan keilmuan terkini di tingkat global, sebagai salah satu bahan refleksi pencapaian tingkat keberhasilan sistem pendidikan di UIN Malang. Selain itu, ke depan akan dilakukan pertukaran dosen dan mahasiswa ke dan dari Amerika untuk saling menguatkan potensi akademik di kedua negara.
Joshua Shen selaku Publik Affairs Officer U.S Consulate General Surabaya menyampaikan bahwa akan memberikan fasilitas pelatihan kepada mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang ingin melanjutkan pendidikan di Negara Amerika Serikat.

7137_joss.jpg


Selain itu, dalam Bidang Penelitian, akan dilakukan kerja sama terkait pelaksanaan pelatihan academic writing bagi dosen dan mahasiswa serta pendampingan publikasi untuk meningkatkan nilai publikasi ilmiah sivitas akademika UIN Malang di kancah internasional.
Dalam program kerja sama terkait pengabdian masyarakat telah disepakati beberapa program guna menunjang internasionalisasi kampus. Pertama, pengiriman tokoh-tokoh penggerak organisasi kemasyarakatan Islam dan non Islam ke Amerika untuk memperdalam wawasan tentang praktek kehidupan beragama di dunia global, khususnya di Amerika. Hal ini akan menjadi sarana peningkatan kualitas kehidupan umat Islam dan kehidupan lintas agama, di mana UIN Malang mempunyai peranan penting dalam posisinya sebagai salah satu Pembina Forum Kehidupan Beragama di wilayah Jawa Timur. Kedua, UIN Malang berlokasi di Provinsi Jawa Timur di mana propinsi ini merupakan salah satu provinsi yang memiliki jumlah pesantren terbanyak se-Indonesia. Posisi UIN Malang, sebagai pembina madrasah di Jawa Timur, sangatlah menentukan keberhasilan program peningkatan mutu madrasah di Indonesia.

7139_kapit.jpg


Oleh sebab itu, untuk mewujudkan misi ini, UIN Malang bekerja sama dengan Konjen Amerika Serikat akan melakukan pembinaan bagi siswa siswi madrasah untuk mendapatkan kesempatan pengembangan diri di level internasional. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan wawasan tentang kehidupan akademik, budaya dan beragama di Amerika Serikat. Wawasan ini akan sangat mendukung peningkatan kualitas sosial dan akademik siswa siswi madrasah dalam menghadapi persaingan global.

7138_basri.jpg


Semoga kerja sama yang dilakukan antara UIN Malang dan Konjen AS akan memberikan dampak yang signifikan bagi kedua belah pihak dalam menjalankan visi misi dunia yaitu menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap bersanding dan bekerja sama dalam mewujudkan kesejahteraan dan perdamaian dunia.

7140_mejeng.jpg

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up