Hasil Rapat Senat UIN Malang: Fokus pada Inovasi dan Pengembangan Akademik
Abadi Wijaya Rabu, 12 Juni 2024 . in Berita . 189 views
7274_opening.jpg

HUMAS UINMALANG – Ketua Senat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H. A. Muhtadi Ridwan, M.Ag, mengumumkan hasil rapat senat 2024 yang menyoroti berbagai kegiatan dan keputusan penting yang diambil selama periode 2021-2025. Dalam rapat yang berlangsung dengan penuh semangat, Senat Universitas membahas berbagai inisiatif strategis yang akan menjadi landasan pengembangan institusi ke depan. Rabu, 12 Juni 2024.
Kegiatan Rapat Terbuka
Dalam rangka menjalankan fungsinya, Senat Universitas telah menggelar beberapa rapat terbuka yang bertujuan untuk merayakan dan mengukuhkan pencapaian akademik serta memberikan penghargaan kepada individu berprestasi. Beberapa kegiatan utama yang dibahas meliputi:
Wisuda: Merupakan momen penting bagi para mahasiswa yang berhasil menyelesaikan studi mereka.
Pengukuhan Guru Besar: Pemberian gelar ini menandakan pencapaian tertinggi dalam karier akademik.
Penganugerahan Gelar Doktor Honoris Causa dan Pengukuhan Guru Besar Luar Biasa: Penghargaan ini diberikan kepada individu dengan kontribusi luar biasa di bidangnya.
Dies Natalis: Merayakan hari jadi universitas dan pencapaiannya selama bertahun-tahun.
Lustrum: Peringatan setiap lima tahun yang menyoroti kemajuan dan perkembangan universitas.
Kegiatan Rapat Tertutup
Selain rapat terbuka, Senat Universitas juga mengadakan rapat tertutup yang membahas isu-isu strategis dan operasional universitas. Beberapa keputusan penting yang diambil dalam rapat tertutup antara lain:
Pertimbangan Kenaikan Jabatan Fungsional Dosen: Proses kenaikan jabatan dari Lektor Kepala hingga Profesor.
Penetapan Norma dan Ketentuan Akademik: Pengaturan standar dan pedoman akademik untuk menjamin kualitas pendidikan.
Pertimbangan Pembukaan, Penggabungan, atau Penutupan Jurusan dan Program Studi: Menilai kebutuhan dan relevansi program studi yang ada.
Pertimbangan Rencana Induk Pengembangan atau Rencana Bisnis Anggaran Universitas: Menyusun rencana jangka panjang untuk pengembangan universitas.
Pertimbangan Calon Rektor: Memberikan rekomendasi untuk calon pimpinan universitas yang baru.
Prof. Dr. H. A. Ridwan menekankan bahwa keputusan yang diambil selama periode ini bertujuan untuk memperkuat fondasi akademik dan administratif universitas, serta memastikan bahwa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang terus menjadi pusat keunggulan dalam pendidikan dan penelitian.
Dengan berbagai kegiatan dan keputusan yang telah diambil, Senat Universitas berkomitmen untuk terus mendukung visi dan misi universitas dalam menciptakan lulusan yang unggul dan berdaya saing global. Rapat senat ini menandai langkah penting dalam perjalanan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menuju masa depan yang lebih cerah dan inovatif.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up