Kunjungan Kerja Deputi SDMI BRIN ke UIN Malang: Menjaring Talenta dan Memperkenalkan Program Pengembangan SDM Iptek
Abadi Wijaya Kamis, 20 Juni 2024 . in Berita . 166 views
7292_brin.jpg


HUMAS UIN MALANG - Deputi Sumber Daya Manusia Iptek (SDMI) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Prof. Edy Giri Rahman Putra, Ph.D, melakukan kunjungan kerja ke Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Kunjungan ini bertujuan untuk menjaring talenta riset dan inovasi serta memperkenalkan program peningkatan kapasitas sumber daya manusia ilmu pengetahuan dan teknologi (SDM Iptek) kepada civitas akademika UIN Maliki, Kamis, 20 Juni 2024.

Prof. Edy Giri Rahman Putra menjelaskan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk menawarkan beberapa program Manajemen Talenta Nasional Riset dan Inovasi BRIN serta Beasiswa Targeted LPDP. “Kami berharap kunjungan kerja ini bisa memberikan peluang bagi talenta dan peneliti di UIN Maliki Malang,” ujarnya.

Selain itu, kunjungan ini juga menjadi momen penting untuk bertemu dan berkoordinasi langsung dengan Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA, guna menyampaikan beberapa program peningkatan kapasitas SDM Iptek di BRIN. “Ini sebagai bentuk implementasi dari program kerjasama yang sudah disepakati antara UIN Malang dengan BRIN,” tambah Edy.

Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA, menyambut baik program-program yang ditawarkan oleh BRIN. Ia menegaskan bahwa kampus harus menjadi tempat para cendekiawan untuk terus melakukan riset agar bisa menelurkan penemuan baru yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Visi UIN Malang untuk menjadi kampus unggul dan bereputasi internasional semakin terlihat nyata. Saat ini, UIN Malang telah mencapai predikat unggul dan sedang berproses untuk mencapai akreditasi internasional melalui badan ASIIN. Kampus ini juga memiliki mahasiswa internasional yang tersebar di lebih dari 42 negara.

Selain itu, UIN Malang sedang mengembangkan Kampus 3 yang pendanaannya dibantu oleh SFD, dengan target selesai pada bulan September. Kampus ini juga memiliki rencana pembangunan fakultas agro kompleks di atas lahan 12 hektar di Malang Selatan.

Dengan integrasi ilmu agama dan sains, serta keberadaan lembaga Tahfidzul Alquran (HTQ) dan program pengembangan bahasa, UIN Maliki Malang berharap kehadiran BRIN dapat meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya dalam hasil riset yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa. “Semoga UIN Maliki Malang ke depan semakin maju dan bisa terus mengembangkan disiplin keilmuannya,” harap Zainuddin.

Kunjungan ini menandai langkah penting dalam mempererat kerjasama antara BRIN dan UIN Maliki Malang, serta membuka peluang baru bagi pengembangan riset dan inovasi di lingkungan akademik.
 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up