Rektor UIN Malang: Berkurban itu Manisfestasi Syukur
Abadi Wijaya Rabu, 19 Juni 2024 . in Berita . 72 views
7285_kurr.jpg

HUMAS UIN MALANG – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA, secara simbolis menyerahkan satu ekor sapi kepada Mudirul Ma'had Al Jamiah, Dr. Ahmad Izzuddin, M.HI, untuk disembelih. Penyerahan ini berlangsung pada hari Rabu, 19 Juni 2024, di kampus I UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tepatnya di depan mabna Al Farabi.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA, berharap bahwa pada Idul Adha tahun depan, jumlah hewan kurban yang disembelih dapat meningkat, dengan target setidaknya 20 ekor sapi dan beberapa kambing. Beliau menegaskan bahwa kegiatan penyembelihan hewan kurban adalah bentuk ketaqwaan kepada Allah SWT, bukan sekadar ajang pamer atau mencari pujian. "Ingatlah, Allah tidak menerima darah yang mengalir ataupun daging dari hewan yang dikurbankan, melainkan rasa ketaqwaan seorang hamba kepada Allah SWT," ujar beliau.

7286_ban.jpg

Rektor juga menegaskan bahwa makna lain dari berkurban adalah manisfestasi dari rasa syukur seorang mukmin atas pemberian rahmat dari Allah. Jadi sudah seharusnya bagi orang yang beriman melakukan penyembelihan hewan kurban untuk meningkatkan ketaqwaannya kepada Allah SWT. “udlhiyah atau penyembelihan hewan kurban itu sendiri bertujuan semata-mata untuk mendekatkan diri pada Allah,” terangnya.

Acara penyerahan ini merupakan bagian dari tradisi tahunan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam menyambut Idul Adha. Kegiatan ini diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi di kalangan civitas akademika dan masyarakat sekitar, serta meningkatkan ketaqwaan umat Islam kepada Allah SWT.

7287_sapi.jpg

Selain itu, Panitia penyembelihan hewan kurban juga mendatangkan penyembelih yang sudah bersertifikasi halal, sehingga hal ini bisa dijadikan sebagai momentum untuk pembelajaran bagi para sivitas akademika UIN Malang bagiamana cara menyembelih hewan kurban yang baik dan benar dan dijamin kehalalannya. "Tahun ini kami mendatangkan tim penyembelih yang sudah memiliki sertifikasi agar para mahasantri bisa belajar cara menyembelih hewan kurban yang baik dan memenuhi syariat kehalalannya," paparnya.

7288_kambingg.jpg

Dengan semangat kebersamaan dan ketaqwaan, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi positif kepada masyarakat melalui kegiatan-kegiatan sosial dan keagamaan.

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up