" />
WAEJUC 2024: 28 Mahasiswa Australia Antusias Ikuti Water Conversation di UIN Malang
Abadi Wijaya Kamis, 11 Juli 2024 . in Berita . 184 views

7357_waejuc-2024-4.jpeg

HUMAS UIN MALANG - Sebanyak 28 mahasiswa asing berasal dari Australia bersemangat mengikuti materi Water Conversation yang menjadi salah satu rangkaian dari program Western Australia East Java University Consortium (WAJEUC) yang berlangsung di Kampus 3 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Kamis (11/7).

Materi pertama, Water Management disampaikan langsung oleh Mahendra Kusuma (Suistainabilty Manager PT Bentoel Prima, Malang). Dirinya menjelaskan, daerah tangkapan air adalah suatu wilayah daratan dengan dikelilingi oleh pegunungan atau perbukitan yang airnya dapat mengalir dan ditampung. 

Selain itu, ia menambahkan, bagaimana aliran air dapat bergerak di dalam daerah tangkapan air. "Di dalam daerah tangkapan air, air mengalir secara gravitasi ke titik terendah," jelasnya.

Selanjutnya, mereka mempelajari materi kedua yang bersama Yasmin Zafirah (Dosen Teknik Lingkungan UIN Maliki Malang) tentang Key to Realizing Sustainable Development Goals (SDG) 6. Dalam penyampaiannya, Yasmin menjelaskan, Goal 6 dalam SDG yang dimaksud adalah Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yang menjamin ketersediaan serta pengelolaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan untuk semua.

Nantinya, setelah materi selesai, para peserta akan langsung menuju ke lapangan untuk melakukan aksi penanaman pohon dan pelepasan benih ikan di sumber mata air. (Sf)

Reporter & Foto: Sulthan Elsyam

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up