ICONIES 2024: Ekonomi Islam Harus Mengedepankan Kemaslahatan Bersama
Abadi Wijaya Kamis, 26 September 2024 . in Berita . 102 views
7876_inung.jpg

HUMAS UIN MALANG-Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang kembali menunjukkan kelasnya sebagai pusat akademik terkemuka dengan menjadi tuan rumah International Conference of Islamic Economics & Business (ICONIES) 2024. Acara prestisius ini berlangsung Kamis, 26 September 2024, dengan tema "Enhancing Islamic Economics, Finance and Business: Toward The Innovative and Sustainable Challenges."

Salah satu momen yang paling dinantikan dari konferensi ini adalah kehadiran Direktur Diktis Kemenag RI, Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag., atau yang akrab disapa Prof. Inung, sebagai keynote speaker. Dalam paparan inspiratifnya, beliau mengulas tuntas persoalan ekonomi Islam di era digital.

“Ketika kita berbicara tentang ekonomi Islam, ini bukan sekadar soal sentimental agama,” tegas Prof. Inung di hadapan para peserta konferensi. Menurutnya, inti dari ekonomi Islam bukanlah pada penggunaan bahasa atau istilah agama tertentu, melainkan bagaimana syariat ekonomi Islam mampu menghadirkan sistem yang adil dan berkelanjutan.

7877_bersama.jpg

Dalam pandangan Prof. Inung, ekonomi Islam harus mampu menumbuhkan semangat kebangsaan dan kemaslahatan bersama, bukan hanya sekadar simbol atau retorika agama. "Panggilan akhi dan ukhti tidak akan berarti jika tidak diiringi rasa persaudaraan yang tulus. Bahkan, meskipun hanya menggunakan panggilan sederhana seperti 'dulur' atau 'bro', jika penuh persaudaraan, itu lebih bermakna," ujarnya dengan penuh semangat.

Pesan utama dari pemaparan ini jelas: Ekonomi Islam harus dipandang sebagai sistem hukum yang menghadirkan keadilan bagi semua pihak, tanpa ada yang merasa dirugikan. "Setiap sistem ekonomi harus membawa kebaikan bagi sesama," tegasnya.

7878_serta.jpg

Pantun Penutup yang Berkesan

Di akhir presentasinya, Prof. Inung tak lupa memberikan sentuhan humor khasnya dengan sebuah pantun:


Jika anda suka minum jamu
Jangan lupa mengaduknya pakai kayu
Mungkin baru ini kita bertemu
But i say love you.

Pantun ini disambut tawa dan tepuk tangan meriah dari peserta, menandai akhir dari sesi yang penuh inspirasi dan semangat persaudaraan. Konferensi ICONIES 2024 ini menjadi ajang penting untuk memperkuat peran ekonomi Islam dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks, dengan tetap berfokus pada kemaslahatan bersama.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up