Daftar Penulis: Iffatunnida


PROF. AGUS MAIMUN: LP2M DAN IKHTIARNYA UNTUK UIN MALANG
Jumat, 9 Juni 2023 . in Berita . 607 views
5582_lppm.jpg


UIN MALANG-Menaungi begitu banyak pusat studi yang memiliki peran krusial, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) terus berusaha melaksanakan tugasnya secara maksimal. Evaluasi dan perubahan pedoman juga terus dilakukan agar pelaksanaan tugas berjalan efektif dan efisien. Menutup semester dua tahun 2023, LP2M mengajak seluruh pengurus Pusat Studi di bawah naungannya untuk mengikuti Workshop Penyusunan Pedoman Penelitian, PKM, dan SOP selama dua hari di Aston Inn, Kota Batu (9-10/6).
Kepala LP2M, Prof. Dr. Agus Maimun, M.Pd. menuturkan bahwa pihaknya tidak pernah putus berupaya meningkatkan program-program kerjanya. Bersama semua pusat studi, kinerja LP2M hingga saat ini terbilang sangat baik. Monitoring dan evaluasi dilakukan berkala agar dapat mendeteksi kesalahan yang terjadi dalam program kerjanya. Ia sadar bahwa selain sebagai salah satu lembaga di bawah naungan universitas, peran LP2M tidak kecil. “Bisa dibilang, LP2M ini sebagai salah satu pilar penyangga UIN Malang,” imbuh Guru Besar Bidang Pendidikan Islam itu.

5583_lppm1.jpg


Beberapa mandat LP2M yang disampaikan Prof. Agus dalam sambutan pembuka workshop ialah, bahwa LP2M berperan dalam mengawal internasionalisasi universitas. Mengingat roadmap kampus saat ini berada dalam tahap international recognition, maka LP2M pun juga harus memiliki visi dan misi yang sama. Hal ini diwujudkan dengan program kerja penelitian serta pengabdian yang kualitas dinaikkan agar berskala internasional.
Salah satu yang harus dilakukan LP2M, lanjutnya, ialah mengawal hasil penelitian para dosen serta kualitas jurnal di UIN Malang. “Bersama Pusat Studi Pengabdian Masyarakat, Pusat Studi Penelitian, dan Pusat Publikasi Ilmiah, LP2M bertekad untuk terus memperbaiki kualitas karya ilmiah serta publikasi hingga diakui khalayak internasional,” paparnya.
Mandat LP2M selanjutnya yang disampaikan Prof. Agus Maimun ialah membangun kerjasama internasional. Kerjasama ini dilakukan dengan program benchmarking ke institusi atau lembaga pendidikan yang bereputasi internasional. Dengan program tersebut, UIN Malang dapat mengadakan pertukaran dosen dan mahasiswa dengan lembaga internasional.
Sebelum mengakhiri sambutannya, ia juga menyampaikan tiga hal penting yang harus ada untuk memperlancar program kerja di universitas. Selain suport dana, sumber daya manusia dan support IT sangat diperlukan. Khusus untuk IT, Prof. Agus menyatakan bahwa tenaga dan piranti IT memiliki validitas yang tinggi dalam sebuah lembaga. “Kampus hebat wajib memiliki dukungan IT yang canggih,” jelasnya. (nd)

Lebih Lanjut »
Mahasiswa Masih Semangat Ikuti Workshop Integrasi Hari Kedua
Rabu, 31 Mei 2023 . in Berita . 240 views
5548_khudor.jpg


UIN MALANG-Workshop Integrasi Islam dan Sains besutan Pusat Studi Islam dan Sains (PSIS) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memasuki hari kedua, Rabu (31/5). Masih bertempat di Rumah Singgah lt. 2, Sekolah Pascasarjana, kegiatan itu menghadirkan dua dosen senior UIN Malang, Dr. Abdul Malik Karim Amrullah, M.Pd.I. dan Dr. Achmad Khudori Soleh, M.Ag. Para peserta yang terdiri dari mahasiswa pengurus DEMA universitas serta Sema fakultas dan jurusan masih antusian mengikuti materi integrasi ilmu.
Sebagai salah satu personel Lembaga Penjaminan Mutu universitas, Abdul Malik menjelaskan mengenai model pendidikan integrasi yang diimplementasikan di kampus berlogo Ulul Albab ini. Ia menuturkan, salah satu tujuan desain keilmuan yang dianut kampus ialah agar para lulusan UIN Malang tidak hanya memiliki kapabilitas di bidang studi yang dipilih. Namun, para lulusan juga dituntut untuk menjadi seorang profesional yang berkepribadian ulama. Tentunya dengan memiliki bekal ilmu agama yang memadai.

5546_integ.jpg


Maka, UIN Malang menghadirkan Pusat Ma’had Al-Jami’ah di lingkungan kampus, sebagai wujud integrasi keilmuan. Mahasiswa selama satu tahun diwajibkan menimba ilmu keislaman di ma’had bersama para guru terpilih. Di waktu yang sama, mereka juga belajar studi peminatannya bersama para profesional yang juga memiliki kapabilitas tinggi.
Abdul Malik melanjutkan, kurikulum di UIN Malang juga disusun sedemikian rapi untuk menerapkan falsafah keilmuan yang dianut. Seluruh subjek belajar dikategorikan ke dalam tiga mata kuliah kepribadian. Pertama, kepribadian bangsa untuk mengasah nasionalisme mahasiswa. Kedua, mata kuliah kepribadian Muslim dimaksudkan untuk membentuk jiwa keislaman dalam diri mahasiswa. Yang terakhir, mata kuliah kepribadian universitas–sesuai dengan logonya, lulusan UIN Malang diharapkan memiliki kepribadian Ulul Albab seperti yang tercantum dalam al-Quran.

5547_integ1.jpg


Sementara itu, narasumber terakhir ialah Dr. Achmad Khudori Soleh. Materinya terfokus pada karya ilmiah yang berbasis agama dan sains. Karena dua model ilmu yang berbeda, maka pemerolehan atau sumbernya pun berbeda. Menggabungkan keduanya akan memperluas khazanah keilmuan.
Bapak yang menjabat sebagai Wakil Dekan di Fakultas Psikologi ini berbagi mengenai tiga model integrasi keilmuan yang bisa diterapkan. Pertama saintisasi ayat; di sini ayat-ayat al-Quran ditafsiri dengan pendekatan sains sehingga tampak ilmiah. Selanjutnya, model ayatisasi sains yang fokus pada penguatan temuan sains dengan menggunakan ayat suci al-Quran. Model terakhir ialah sintesis yang merupakan integrasi pada wilayah metafisika dan filosofis.
Pada kesempatan yang sama, Khudori juga menyempatkan untuk memberi motivasi kepada peserta yang berstatus mahasiswa. Ia ingin agar semua mahasiswa memiliki target pendidikan, termasuk juga keinginan studi lanjut. Untuk merealisasikannya, tentu butuh investasi waktu yang banyak untuk belajar. “Selain itu, mahasiswa juga harus pandai memanfaatkan fasilitas dari pemerintah, yakni beasiswa,” tuturnya. (nd)

Lebih Lanjut »
Prof. Roibin: Hilangkan Subjektivitas Saat Meneliti
Rabu, 31 Mei 2023 . in Berita . 276 views
5545_roibin.jpg


UIN MALANG-Temuan penelitian yang terbilang dangkal banyak kita temukan belakangan ini. Alhasil, suatu penelitian pun tuntas dengan tidak sempurna. Banyak sekali faktor yang menyebabkan hal ini. Prof. Dr. Roibin, M.HI. menyinggung isu tersebut saat menjadi narasumber dalam Workshop Integrasi Islam dan Sains di Rumah Singgah lt. 3, Sekolah Pascasarjana UIN Malang, Selasa (30/5).
Ia menuturkan, saat mengawali riset, seorang ilmuwan harus memiliki latar belakang keilmuan yang matang. Ketidakmatangan membuat pelaksanaan penelitian diawali dengan landasan yang kurang kokoh. Hasilnya pun tidak akan sempurna dan memiliki impact.
Permasalahan lainnya ialah, lanjut Prof. Roibin, masih melekatnya subjektivitas di pikiran Sang Peneliti. “Jika konteksnya penelitian, maka seseorang harus menghilangkan latar belakang ideologisnya,” jelas Guru Besar Bidang Studi Kajian Islam itu.
Ia memberi contoh, jika seorang ilmuwan Muslim ingin meneliti tentang studi keislaman, maka di situ ia tidak boleh hanya membagus-baguskan ajaran Islam. “Jika ada yang salah pada praktiknya, maka harus diungkapkan,” imbuhnya. Melaporkan hasil penelitian dengan sesungguhnya adalah tugas utama seorang peneliti. Bukan untuk tujuan menjatuhkan suatu ideologi, namun untuk menyampaikan apa sebenarnya yang terjadi di lapangan. (nd)

Lebih Lanjut »
Prof. Agus Maimun: UIN Malang Pelopor Integrasi Keilmuan
Selasa, 30 Mei 2023 . in Berita . 643 views
5537_integrasi2.jpg

UIN MALANG-Sebagai dosen senior di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang serta guru besar di Bidang Ilmu Pendidikan Islam, Prof. Agus Maimun, M.Pd. juga concern mengenai konsep integrasi keilmuan. Menurutnya, UIN Malang dan integrasi ilmu itu adalah suatu kesatuan. "Bahkan bisa saya katakan kalau UIN Malang yang mengawali konsep pengajaran dengan integrasi keilmuan," tuturnya saat membuka Workshop Integrasi Islam dan Sains di Rumah Singgah lt. 3, Sekolah Pascasarjana UIN Malang, Selasa (30/5).
Ia menambahkan, konsep integrasi ilmu yang dianut kampus berlogo Ulul Albab ini kemudian dituangkan dalam simbol pohon keilmuan. Simbol ini merupakan produk pemikiran para pendiri kampus dengan harapan agar lulusan UIN Malang tidak hanya mumpuni di bidang yang diminati, "Tapi juga mumpuni dalam menjelaskan dasar ilmu yang bersumber dari al-Quran dan hadis Nabi SAW," jelas Prof. Agus. Konsep integrasi keilmuan UIN Malang pun menginspirasi banyak kampus di Indonesia, baik kampus di lingkungan PTN maupun PTKI. "Mereka kemudian juga membuat simbol keilmuan sendiri yang fokusnya juga pada ilmu terintegrasi," imbuh Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Malang tersebut.

5538_integrasi3.jpg


Ketua PSIS, Dr. Begum Fauziyah, M.Farm. menambahkan bahwa istilah integrasi keilmuan sering disebut di kampus. "Bukan hal asing lagi kalau di UIN Malang karena integrasi keilmuan juga salah satu trademark kita," paparnya. Tak ingin menjadi sekadar jargon, maka pihak kampus melalui PSIS menyusun program kerja untuk mengedukasi konsep tersebut kepada seluruh lapisan sivitas akademik, khususnya mahasiswa.
Begum berharap, saat menyerap ilmu selama proses belajar di UIN Malang, mahasiswa paham bagaimana menanamkan konsep keilmuan ini sebagai bekal masa depan mereka. Maka dari itu, PSIS mengajak para pengurus DEMA dan Sema dari seluruh fakultas dan jurusan untuk mengikuti Workshop Integrasi Islam dan Sains selama dua hari. Pihaknya berharap agar perwakilan mahasiswa inilah yang akan menjadi meneruskan konsep integrasi ilmu kepada seluruh mahasiswa. (nd)

Lebih Lanjut »
PSIS Gandeng Dema-Sema untuk Edukasi Integrasi Keilmuan pada Mahasiswa
Selasa, 30 Mei 2023 . in Berita . 308 views
5535_integrasi.jpg


UIN MALANG-Program kegiatan Pusat Studi Islam dan Sains (PSIS) selama ini ialah mengedukasi dosen-dosen muda di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengenai integrasi keilmuan. Program tersebut dilaksanakan rutin setiap tahunnya agar dalam bertugas, para dosen juga bisa mengintegrasikan asas-asas keislaman dalam bidang studi yang diampunya. Namun, PSIS sadar, mengedukasi dosen saja tidak cukup. Maka kali ini, pusat studi di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) mengundang pengurus DEMA dan Sema UIN Malang yang baru dilantik untuk menghadiri Workshop Integrasi Islam dan Sains. Bertempat di Rumah Singgah lt. 3 di lingkungan Sekolah Pascasarjana UIN Malang, seluruh perwakilan mahasiswa di tingkat fakultas dan jurusan itu belajar asas-asas integrasi ilmu, Selasa (30/5).
Dr. Begum Fauziyah, M.Farm., Ketua PSIS, menyatakan, tugas PSIS adalah mengedukasi tentang konsep integrasi ilmu yang dianut kampus berlogo Ulul Albab ini. Melalui edukasi tersebut, seluruh sivitas akademik juga akan memahami visi dan misi UIN Malang, termasuk juga mahasiswa. Tentunya, PSIS tidak bisa bekerja sendiri dalam melaksanakan tugasnya. "Maka kami undang pengurus baru DEMA dan Sema untuk menjadi mitra kami dalam pelaksanaan program edukasi ini," jelasnya.

5536_integrasi1.jpg


Ia melanjutkan, pasca mengikuti workshop, pihak PSIS berharap agar pengurus DEMA dan Sema bisa meneruskan dan membagi ilmu mengenai integrasi keilmuan kepada mahasiswa di setiap fakultas dan jurusan yang diwakili. Ia berharap agar para perwakilan mahasiswa ini dapat merancang kegiatan yang bertujuan sama. "Jika membutuhkan bantuan dalam pelaksanaan kegiatan integrasi keilmuan, PSIS siap memfasilitasi," lugas Begum.
Workshop Integrasi Islam dan Sains dilaksanakan selama dua hari (30-31/5). Dalam rangkaiannya, para peserta yang terdiri dari pengurus DEMA dan Sema akan menerima materi dari para ahli yang fokus dalam integrasi keilmuan. Dengan acara tersebut, diharapkan agar visi-misi kampus dapat dipahami tak hanya di kalangan dosen dan karyawan, namun juga di kalangan mahasiswa di setiap jurusan. (nd)

Lebih Lanjut »
Vakum 3 Tahun, Program English Exposure Masih Disambut Antusias
Sabtu, 27 Mei 2023 . in Berita . 275 views
5511_exposs.jpg


UIN MALANG-Setelah sempat hiatus karena pandemi Covid-19, akhirnya English Exposure kembali diadakan. Event itu merupakan gawe tahunan Pusat Pengembangan Bahasa, Program Khusus Perkuliahan Bahasa Inggris (PKPBI) yang dihelat menjelang akhir perkuliahan semester genap. English Exposure 2023 diberi tema Embracing Diversity, Culture, and Tolerance: A Key to Building A Harmonious Society. Seluruh perlombaan difokuskan pada tema tersebut. Acara puncak dilaksanakan di Gedung Sport Center UIN Malang dengan dimeriahkan stan bazar mahasiswa, serta penampilan kreatif dari mahasiswa antar jurusan yang menempuh mata kuliah Bahasa Inggris 2, Sabtu (27/5).
Ketua PKPBI, Dr. Agwin Degaf merasa lega karena setelah tiga tahun, pihaknya dapat kembali menyelenggarakan salah satu acara besar di Pusat Pengembangan Bahasa, khususnya PKPBI ini. "Alhamdulillah, antusiasme mahasiswa PKPBI masih sangat luar biasa," tuturnya. Hal ini dibuktikan dengan jumlah peserta di setiap lomba antar jurusan hingga kesertaan mereka memeriahkan puncak acara.

5510_expos.jpg


Pada intinya, Agwin melanjutkan, English Exposure diadakan dengan tujuan Fun Learning. "Jadi ini sebenarnya pembelajaran Bahasa Inggris, tapi dikemas berbeda," papar peraih gelar doktor dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tersebut. Lomba-lomba yang diadakan dipilih untuk mengasah kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa di beberapa skill seperti Speaking dan Writing. "Termasuk juga di puncak acara, dimana mahasiswa mencoba menawarkan barang jualannya dan berinteraksi dengan pembeli menggunakan Bahasa Inggris," sambung Agwin.
PKPBI mengadakan lomba dalam rangka English Exposure 2023 selama seminggu penuh. Kompetisi yang diadakan adalah, Lomba Vlog bertema tempat wisata, Lomba Film Pendek (Short Movie), Lomba Infografis bertema Gen-Z, Teknologi, dan Masyarakat Harmonis, dan Lomba Menyanyi Akustik. Peserta lomba adalah mahasiswa seluruh jurusan yang sedang menempuh mata kuliah Bahasa Inggris 2. (nd)

Lebih Lanjut »
Mindset dan Sikap Positif Bantu Kembangkan Potensi Diri
Kamis, 25 Mei 2023 . in Berita . 365 views
5499_cdc.jpg

UIN MALANG-Ketika belajar di perguruan tinggi, mahasiswa diharapkan sudah hampir siap untuk terjun di dunia profesional pasca kelulusannya. Karena itu, tugas setiap perguruan tinggi tak hanya memberikan ilmu mumpuni sesuai minat bidang studi, namun juga mempersiapkan mahasiswa untuk mengembangkan diri di karir yang diinginkan. Karena itu, Career Development Center (CDC) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menghelat Workshop Pengembangan Karir yang bertema Masuk Perusahaan Bereputasi Internasional di Aula Gedung Rektorat lt. 5, Kamis (25/5). Pada acara tersebut, tim CDC mengundang dua profesional di dunia kerja.
Rama Royani, pendiri Talents Mapping, berbagi mengenai Penguatan Talenta dan Personal Branding. Di awal pemaparannya, Rama mengingatkan kepada seluruh mahasiswa yang hadir saat itu bahwa semua manusia itu bertalenta. “Allah sudah memberikan potensi di setiap diri manusia sejak mereka dilahirkan ke dunia,” imbuhnya.
Selanjutnya, manusia yang diberkahi dengan akal oleh Tuhan, bertugas untuk mencari potensi diri mereka sendiri. Ia mengetahui bahwa tidak semua individu bisa menemukan talenta mereka. Maka di situlah peran dunia pendidikan untuk membantu manusia dalam menggali potensi dan talentanya.

5500_cdc2.jpg


Narasumber kedua pun memberikan materi yang tak kalah menarik. Tim CDC mengundang HR-Generalist dari PT. Pura Barutama perwakilan Jawa Timur, Putri Norma Sita. Sebagai profesional yang berhadapan dengan para karyawan, Putri berbagi tips dan trik membuat Curriculum Vitae (CV) yang menarik serta trik interview kerja.
Di awal sesinya, ia langsung meminta mahasiswa untuk mencoba membuat CV melalui aplikasi Canva. Beberapa hal yang ia ingatkan kepada mahasiswa dalam penyusunan CV untuk melamar pekerjaan ialah untuk tidak mencantumkan seluruh akun sosial media yang kita punya. “Tentu kita tidak mau perusahaan impian kita mengetahui seluruh aib masa lalu kita,” jelas Putri. Karena itu, pastikan bahwa akun sosmed yang disertakan berisi hal-hal yang positif.
Begitu juga dengan penulisan pengalaman organisasi dalam CV. “Pilih organisasi atau komunitas yang paling berkesan,” tutur Putri. Ini membuat kita maksimal saat menjelaskan peran kita dalam organisasi yang kita cantumkan.
Putri menekankan agar para pelamar kerja tetap berpikiran positif, begitu juga dengan kepribadian. Hal ini membantu calon pekerja untuk lebih tenang saat menjalani interview kerja. Para perekrut karyawan pun akan mendapatkan kesan yang positif pada diri seseorang. (nd)

Lebih Lanjut »
POOR ENGLISH MASIH JADI HAMBATAN INTERNASIONALISASI JURNAL
Selasa, 16 Mei 2023 . in Berita . 226 views
5427_nars1.jpg


UIN MALANG-Mencapai indeksasi Scopus masih menjadi target utama para pengelola jurnal, termasuk juga jurnal di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Pasalnya, terindeks Scopus artinya, jurnal akan makin mencapai cakupan pembaca dan calon penulis yang lebih luas. Namun, karena statusnya yang mengglobal, pengelola jurnal perlu menginternasionalisasi jurnal asuhannya. Salah satunya, memastikan kualitas tinggi penggunaan Bahasa Inggris di seluruh artikel, atau setidaknya minim kesalahan. Problem ini disinggung oleh pemateri utama Workshop Peningkatan Grade Jurnal dan Indeksasi Scopus, Ridwan Arifin, SH., LL.M. di Ruang LPM Gedung Rektorat lt. 4 UIN Malang, Selasa (16/5).
Ridwan menuturkan, sudah menjadi rahasia umum jika hambatan jurnal-jurnal di Indonesia untuk menuju indeksasi internasional ialah rendahnya kualitas bahasa asing. Istilah "Poor English" sering dituliskan pihak Scopus saat harus menuliskan alasan penolakan. Maka, ia mewanti-wanti agar pengelola jurnal yang berniat mengajukan indeksasi di lembaga indeks internasional untuk lebih teliti saat proses proofreading naskah.

5428_work.jpg


Selain kualitas bahasa asing, lanjut Ridwan, substansi naskah harus mendapat perhatian utama. "Khususnya di judul dan isi abstrak karena bisa jadi tim CSAB (Content Selection & Advisory Board) Scopus akan lebih fokus menilai dua hal itu sebelum masuk ke konten naskah," ujar dosen dari Universitas Negeri Semarang itu. Segala hal yang harus ada dalam abstrak, harus dituliskan sebagai simpulan dari keseluruhan artikel.
Ia menambahkan, pihak Scopus tidak ingin ada beberapa jurnal dalam satu instansi dengan Focus and Scope yang sama. Hal ini akan membuat kesan jurnal kurang eksklusif dan terarah karena ada jurnal lain yang juga memiliki cakupan yang serupa.
Dalam kesempatan itu, narasumber juga membuka sesi tanya-jawab dengan para pengelola jurnal UIN Malang. Ridwan berbagi pengalamannya selama mengelola Journal of Indonesian Legal Studies di kampusnya dari awal hingga terindeks Scopus. Workshop yang digagas oleh wakil rektor Bidang Akademik ini diikuti oleh seluruh pengelola jurnal di UIN Malang. Selama sehari, para pengelola akan menerima beragam materi untuk perbaikan kualitas jurnal. (nd)

Lebih Lanjut »
TINDAK TEGAS PELANGGARAN KODE ETIK & ANTISIPASI PRODUK AI
Selasa, 16 Mei 2023 . in Berita . 269 views
5426_open.jpg


UIN MALANG-Menanggapi fenomena penggeseran nama penulis utama di karya tulis ilmiah, Ketua Rumah Jurnal Dr. Rohmani Nur Indah, M.Pd. memberikan opininya. Hal yang sering terjadi dan dihadapi pengelola jurnal ini harus ditindak tegas karena berkaitan dengan kode etik bagi dosen. Dalam sambutan pembukanya dalam Workshop Peningkatan Grade Jurnal dan Indeksasi Scopus di Ruang LPM Gedung Rektorat lt. 4, Selasa (16/5), ia meminta seluruh pengelola jurnal untuk mengantisipasi isu tersebut dan menuliskan dengan tugas aturan serta sanksi di jurnalnya masing-masing.
Indah melanjutkan, tugas pengelola jurnal bukan hanya sekadar mengolah tulisan hingga terbit. Tugas lainnya ialah sebagai penegak hukum dalam bidang kode etik dosen. Oleh karena itu, pengelola harus teliti dalam menerima artikel yang masuk. Jika terjadi pelanggaran, maka imbasnya ialah penurunan imej dan kualitas jurnal.
Selain itu, Indah juga menyinggung perkembangan produk AI (Artificial Intelligent). Teknologi AI berimbas juga pada jurnal. Tulisan-tulisan hasil buatan AI membuat pengurus jurnal untuk makin selektif memilih tulisan yang masuk. Ada hal-hal negatif dari produk AI yang harus diantisipasi. "Namun bukan berarti produk AI ini negatif terus. Hal positifnya ialah pengurus jurnal bisa memanfaatkan AI untuk upgrade kualitas jurnal," tutur dosen di Fakultas Humaniora itu. (nd)

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up