Daftar Kategori: Berita


Rektor UIN Malang Sampaikan Pesan Inspiratif Mendikbud pada Upacara Hari Pendidikan Nasional 2024
Abadi Wijaya Kamis, 2 Mei 2024 . in Berita . 43 views
7122_rektor.jpg

HUMAS UIN MALANG — Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2024, Rektor UIN Maliki Malang Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA beserta para wakil rektor, para Kepala Biro, Kepala Lembaga, serta para pegawainya serentak menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional di halaman gedung Rektorat, Kamis, 2 Mei 2024. 

7123_pesapel.jpg

Prof. Zainuddin bertugas sebagai pembina upacara menyampaikan pidato inspiratif dan reflektif dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim. 

Dalam pidato yang dibacakannya, Menteri Nadiem menyoroti pencapaian dan tantangan yang dihadapi selama lima tahun terakhir dalam memimpin gerakan Merdeka Belajar. Beliau mengakui bahwa perjalanan untuk mentransformasi sistem pendidikan yang besar dan kompleks bukanlah tugas yang mudah, tetapi dengan semangat gotong royong, perubahan menuju pendidikan yang lebih baik telah mulai dirasakan.

Menteri Nadiem juga mengingatkan tentang dampak pandemi COVID-19 yang mengguncang sistem pendidikan dan mengubah cara belajar mengajar. Namun, beliau menekankan bahwa pandemi juga memberikan kesempatan untuk mengakselerasi perubahan, mendorong berbagai inovasi, dan menguatkan semangat kebersamaan dalam dunia pendidikan.

7124_doa.jpg

Pidato tersebut juga menekankan keberhasilan gerakan Merdeka Belajar, di mana kini siswa merasa lebih merdeka dalam belajar, guru berani mencoba hal baru, mahasiswa memiliki ruang yang lebih luas untuk berkarya, dan seniman serta pelaku budaya mendapat dukungan untuk berekspresi. Namun, Menteri Nadiem mengingatkan bahwa perjuangan belum selesai dan meminta semua pihak untuk melanjutkan gerakan ini.

Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi diakhiri dengan ucapan terima kasih kepada semua yang telah berkontribusi dalam perjalanan Merdeka Belajar, dan harapan agar gerakan ini terus berlanjut meski masa pengabdiannya sebagai menteri akan berakhir. Beliau juga menyampaikan salam dan ucapan selamat Hari Pendidikan Nasional kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 ini menjadi momentum penting untuk merenungkan perjalanan pendidikan di Indonesia dan menguatkan tekad untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan demi masa depan yang lebih baik. "Mari terus bergotong royong untuk menyemarakkan dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar," ajaknya penuh semangat. 

 

Selamat Hari Pendidikan Nasional!

Reporter: Raalins W

Lebih Lanjut »
Halal Bi Halal Yayasan Ariosan: Menyatukan Hati Membangun Keharmonisan Bersama
Abadi Wijaya Selasa, 30 April 2024 . in Berita . 96 views
7116_halall.jpg


HUMAS UIN MALANG – Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang hadir dalam kegiatan halal bi halal yang digelar oleh Yayasan Ariosan Kota Malang (30/04) . Acara tersebut dihadiri oleh seluruh keluarga besar Yayasan Ariosan, Kemenag Kota Malang, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Dinas Sosial, Bank Mitra, dan seluruh siswa MA Al Irtiqo Kota Malang.

7118_pakk.jpg


Suasana kekeluargaan dan hikmat terpancar dalam acara yang berlangsung di Aula MA Al Irtiqo ini. Dalam sambutannya, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA menyampaikan jika hari ini atau bulan Syawal, kita digolongkan oleh Allah menjadi orang yang mendapat kemenangan dan kembali ke fitrahnya semula (Ied al-Fitri), ja’alana Allah wa iyyakum min al-‘adin wal-faizin wa adkhalana waiyyakum fi zumrati ibad al-shalihin.
Selama bulan ramadhan hingga syawal, seluruh karunia ditumpahkan oleh Allah kepada kita. Paling tidak ada tujuh macam karunia itu: pertama, rahmat (yang telah diturunkan pada putaran sepuluh pertama (al-‘asyr al awwal); kedua, maghfirah (yang telah diturunkan pada putaran sepuluh kedua atau pertengahan (al-‘asyr al-ausath); ketiga, pembebasan (yang telah diturunkan pada putaran sepuluh terakhir (al-‘asyr al-awakhir); keempat, lailatul qadar yang diturunkan pada malam-malam ganjil (yang nilainya lebih baik dari seribu bulan setara dengan 83 usia manusia); kelima, zakat fitrah, (yang dapat membersihkan dosa-dosa dan mengembalikan fitrah manusia); keenam, pahala puasa 6 hari syawal, (yang nilainya setara dengan puasa satu tahun); ketujuh, halal bi halal (saling memaafkan di antara kita, yang dapat menghapus dosa antarsesama).
Pada zaman modern ini, tradisi positif seperti silaturahim yang telah dibangun oleh orang tua kita dulu sudah semakin punah. Namun beruntung, umat Islam masih memiliki tradisi yang baik yang perlu dilestarikan untuk mengatasi dampak modernisasi tersebut, seperti tradisi silaturrahim, saling berkunjung ke saudara, tetangga dan kawan, memuliakan tamu, adalah merupakan prilaku positif yang diajarkan oleh Islam.
Dalam kesempatan kali ini, Rektor UIN Malang berharap jika halal bi halal dapat menjadi momen penting untuk meningkatkan iman dan ketaqwaan kepada Allah SWT, memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, dan nantinya akan selaras dengan peningkatan kualitas individu. Oleh karena itu diperlukan kesadaran akan pentingnya karakter. Melalui tri pusat pendidikan karakter yang terdiri dari tiga komponen, yaitu relasi manusia dengan Tuhannya (hablun min Allåh), relasi manusia dengan sesama manusia (hablun min al-nās) dan relasi manusia dengan alam semesta (hablun min al-’ālam). Inilah etika universal yang lebih dari sekadar masalah sopan santun. Konsep ini sejalan dengan perintah Tuhan dalam surat al-Qashash: 77 yang dapat dijelaskan makna kandungannya secara ilmiah, yaitu bahwa secara teologis, manusia diperintahkan oleh Allah untuk beribadah kepada-Nya, dan pada saat yang sama juga harus mencari kehidupan (bekerja) di dunia.
Sesuai dengan nama Al Irtiqa yang berarti peningkatan, maka perlu bagi civitas akademika yang hadir disini untuk terus meningkatkan kualitas pribadi masing-masing. Melalui madrasah yang sadar akan pentingnya pendidikan karakter, MA Al Irtiqo bisa menjadi miniatur UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam mengintegrasikan sains dan Islam.

 

 

Lebih Lanjut »
Fakultas Psikologi UIN Malang dan PT. Aerofood Indonesia Jalin Kerjasama untuk Pengembangan Bersama
Abadi Wijaya Senin, 29 April 2024 . in Berita . 104 views

Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang dan PT. Aerofood Indonesia telah menandatangani perjanjian kerja sama yang bertujuan untuk mengembangkan keduanya dalam berbagai bidang. Penandatanganan kerjasama ini dilakukan di kantor pusat PT. Aerofood Indonesia

Lebih Lanjut »
Sharing Session Pendanaan Dana Loan Saudi Fund for Development, Melangkah Bersama Menuju Pendidikan Berkualitas
Abadi Wijaya Senin, 29 April 2024 . in Berita . 201 views

Ruang Sidang Senat Lt. 4 menjadi saksi bagi pertemuan tiga kampus utama Indonesia: Universitas Negeri Jakarta, Universitas Bengkulu, dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Agenda utama pertemuan adalah Sharing Session Pendanaan Dana Loan Saudi Fund for Development (SFD). Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Lebih Lanjut »
FGD PTIPD PTKIN ke-3, WR II UIN Malang Bahas Transformasi Digital
Abadi Wijaya Senin, 29 April 2024 . in Berita . 71 views
7105_ptipd.jpg


HUMAS UIN MALANG - Pada tanggal 26 April 2024, Gedung Ir. Soekarno (Rektorat) UIN Malang menjadi saksi gelaran Focus Group Discussion (FGD) yang mengangkat isu-isu krusial dalam transformasi digital Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) PTKIN. Acara ini dihadiri oleh Kepala PTIPD PTKIN dan sejumlah undangan penting lainnya.
Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Prof. Dr. Hj. Ilfi Nur Diana, M.Si., CAHRM, CRMP, menyoroti persaingan ketat yang dihadapi PTKIN dalam penerimaan mahasiswa baru. Terutama, dia menekankan perlunya transformasi baik dari segi kelembagaan maupun layanan digital guna mengatasi tantangan ini. "Jika kita tidak segera melakukan transformasi baik kelembagaan maupun layanan digitalnya maka PTKIN akan kalah," ujarnya dengan tegas.
Prof. Ilfi menyoroti perlunya peningkatan layanan berbasis digital, baik akademik maupun non-akademik, agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat milenial. Dia juga menggarisbawahi pentingnya dukungan PTIPD dalam merebranding program unggulan kampus, seperti menariknya jumlah mahasiswa asing. Selain itu, pengintegrasian layanan digital dari berbagai lembaga pemerintah juga menjadi fokus dalam upaya memperkuat sistem digital PTKIN.
"Tak hanya itu, PTIPD harus mampu mengembangkan layanan berbasis digital dengan tetap berpegang teguh pada konsep smart campus, smart class, hingga integrasi data," tambah Prof. Ilfi. Dia juga menekankan pentingnya kerjasama antar-PTKIN untuk meningkatkan reputasi dan bersaing dengan PTN serta PTS.
Menyusul pesan Prof. Ilfi, perlu diperkuat kerjasama antar-PTKIN dalam membangun komunikasi dengan Kementerian Agama pusat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas berbagi data. "Jaga integritas dan wujudkan layanan digital yang aman, nyaman, dan menyenangkan sesuai kebutuhan masyarakat di era 4.0 ini," tutupnya.
Dengan adanya FGD ini, diharapkan PTKIN dapat bersama-sama menghadapi tantangan dalam era digital dan terus meningkatkan kualitas pendidikan tinggi Islam di Indonesia.

Lebih Lanjut »
Wakil Rektor II Buka Forum Kepala PTIPD PTKIN ke-3 di UIN Malang
Abadi Wijaya Sabtu, 27 April 2024 . in Berita . 402 views
7104_ptipd.jpg

HUMAS UIN MALANG – Gelaran FGD (Focus Group Discussion) Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) PTKIN ke-3 dilaksanakan di Gedung Ir. Soekarno (Rektorat) UIN Malang pada (26/04/2024).

Acara ini dihadiri oleh Kepala PTIPD PTKIN dan beberapa undangan lainnya. Acara ini bertujuan untuk membahas sejumlah isu dan tantangan yang dihadapi PTKIN saat ini, khususnya dalam hal penerimaan mahasiswa baru. 

Wakil Rektor 2 Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Prof. Dr. Hj. Ilfi Nur Diana, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa isu-isu yang muncul di UIN Malang bisa saja menjadi suatu isu strategis. “Madrasah dan pondok pesantren merupakan pangsa pasar besar PTKIN, namun sekarang PTN menjadi semakin luas pasarnya dan mengambil pangsa siswa madrasah dan pesantren,” ungkapnya. 

7105_ptipd.jpg

Berkaitan dengan suasana persaingan yang semakin tajam ini, Prof. Dr. Hj. Ilfi Nur Diana, M.Si. menyarankan adanya perbaikan layanan digitalisasi dari PTIPD. PTIPD memiliki peran sentral dalam penyegeraan rebranding guna menarik calon mahasiswa untuk berkuliah di UIN Malang. “Kita tidak boleh puas dengan branding yang telah dicapai. Penting bagi seluruh pihak yang terkait untuk bersama-sama mulai memikirkan isu-isu lain yang berpotensi muncul serta distrupsi apa saja yang mungkin terjadi dalam 5 sampai 10 tahun ke depan,” ujarnya. 

Potensi UIN Malang untuk melakukan rebranding adalah dalam aspek-aspek yang tidak dimiliki oleh PTKIN lain, seperti adanya mahad al-jami’ah, HTQ 30 juz (Haiah Tahfidzil Qurani), serta sebagai Universitas Islam dengan mahasiswa asing terbesar di Indonesia. Namun, tantangan yang muncul adalah bahwa saat ini banyak pula PTN yang menyediakan jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur tahfidz dan jalur santri. Selain itu, tantangan yang disampaikan oleh Prof. Dr. Hj. Ilfi Nur Diana, M.Si. adalah bagaimana agar mahasiswa internasional bisa berkuliah di UIN Malang tanpa harus datang ke kampus.  

“PTIPD diberikan IKU untuk meningkatkan perankingan untuk menjadi nomor satu. PTIPD harus mensupport peran kelembagaan dan diharapkan dari forum ini PTIP bisa saling belajar dari PTKIN yang sudah berada di peringkat atas,” harapnya di pungkasan sambutan.

 

Reporter: Nyiur Salsabila Frida

Editor: Edy Hyto

Lebih Lanjut »
Rektor UIN Malang Berikan Kuliah Tamu di ISIC Thailand untuk Promosikan Pendidikan Agama Inklusif
Abadi Wijaya Jumat, 26 April 2024 . in Berita . 127 views
7101_kuliah.png
KOLABORATIF: Rektor UIN Malang Prof. Dr. H.M.Zainuddin, MA saat menjadi pemateri dalam kuliah umum di ISIC Thailand.

HUMAS UIN MALANG - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA, baru-baru ini memberikan kuliah tamu di Institute of Science Innovation and Culture (ISIC) Rajamangala University of Technology Krungthep (RMUTK) di Thailand. Acara ini merupakan bagian dari kunjungan kerja Rektor Zainuddin dalam rangka launching International Interreligious Conference yang akan diselenggarakan di Hatyai Songkhla, Thailand pada 16 Oktober 2024.

7102_asa.png


Kuliah umum yang bertajuk “Inclusive Religious Education towards a Peaceful Society (Indonesia Case)” diselenggarakan pada Kamis (25/04/2024) di Auditorium Gedung Kreatif Lantai 5. Acara ini dihadiri oleh sivitas akademika RMUTK, termasuk dosen, mahasiswa program studi Global Buddhism, Education and Society, serta jajaran pimpinan dan direktur ISIC dari RMUTK.
Dalam kuliahnya, Rektor Zainuddin menggarisbawahi pentingnya pendidikan agama inklusif sebagai fondasi moderasi beragama di Indonesia. Ia menjelaskan bahwa pendidikan Islam, seperti halnya pendidikan lainnya, belum memiliki kekuatan yang cukup signifikan karena pengaruhnya masih kalah dibandingkan dengan kekuatan bisnis dan politik. Menurutnya, landasan filosofis dari pendidikan inklusif di Indonesia adalah kesatuan dalam keragaman.
Rektor Zainuddin juga menyoroti bahwa pendidikan agama inklusif dapat menjadi sarana self-awareness umat melalui proses transformasi pengetahuan yang berfokus pada prinsip-prinsip kebukaan, egalitarianisme, dan tidak diskriminatif terhadap golongan manapun. Ia menekankan pentingnya semangat pendidikan inklusif-multikultural untuk menciptakan masyarakat Indonesia yang bermartabat dan sadar akan kekayaan multikultural.

7103_sasd.png


Selain Rektor Zainuddin, dalam kuliah umum ini juga dilakukan sesi berbagi pengalaman oleh Wakil Rektor bidang Akademik Prof. Dr. Hj. Umi Sumbullah, M.Ag, dan Dr. KH. Isroqunnajaah, M.Ag, terkait dengan isu-isu mutakhir yang akan dibahas dalam konferensi internasional interreligous studies.
Dari pengalamannya di RMUTK Thailand, Rektor UIN Malang menegaskan pentingnya membangun kolaborasi lintas agama sebagai fondasi strategi moderasi beragama untuk merawat kebenaran di Indonesia. Hal ini sebagai upaya membangun pluralitas agama dengan semangat pemahaman toleransi dan harmonisasi melalui peran guru sebagai teladan.
Kuliah tamu ini sangat interaktif dan peserta terlihat antusias dalam mengikuti jalannya acara, terbukti dari banyaknya pertanyaan dan komentar terkait pendidikan agama inklusif di Indonesia. Pertanyaan dari peserta bahkan mengundang reaksi positif untuk melakukan kolaborasi penelitian dengan UIN Malang.
Semoga kolaborasi ini dapat memperkuat nilai-nilai moderasi beragama dan semangat inklusif-multikultural dalam pendidikan, menciptakan masyarakat yang lebih bermartabat dan harmonis di Indonesia.

Lebih Lanjut »
UIN Maliki Malang Perkuat Jejaring Internasional dengan Kunjungan ke Thailand
Abadi Wijaya Kamis, 25 April 2024 . in Berita . 109 views
7100_trt.jpg
KERJASAMA INTERNASIONAL: Rektor UIN Maliki Malang, Prof Dr HM Zainuddin MA bersama jajaran pimpinan melakukan kunjungan ke ISIC Thailand.

 

HUMAS UIN MALANG - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang terus mengukuhkan reputasinya sebagai World Class University (WCU) melalui langkah strategis dalam memperluas hubungan internasional. Baru-baru ini, para pimpinan UIN Maliki Malang melakukan kunjungan studi ke Institut of Science Innovation and Culture (ISIC) Thailand untuk menggalang kemitraan yang lebih erat di Asia Tenggara.

Dalam kunjungan yang berlangsung dari 24 hingga 26 April 2024, Rektor UIN Maliki Malang, Prof Dr HM Zainuddin MA, didampingi oleh sejumlah pejabat kampus, menjalani serangkaian kegiatan penting. Diskusi-diskusi strategis digelar bersama Asst Prof Dr Saichol Chujuarjeen, Wakil Presiden untuk Riset ISIC, dan Asst Prof Dr Yaoping Liu, Direktur ISIC, membahas langkah-langkah konkrit untuk memperluas kerja sama akademik dan penelitian.

Salah satu momen penting dalam kunjungan ini adalah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara UIN Maliki Malang dan ISIC Thailand. MoU ini menegaskan komitmen kedua belah pihak dalam meningkatkan kerja sama akademik, penelitian, dan dialog lintas agama.

"Kami terus memperkuat kerja sama internasional guna mencapai visi kampus unggul bereputasi internasional," ungkap Prof Zainuddin.

Tidak hanya itu, kerjasama ini juga meliputi peluncuran Konferensi Internasional Interreligious yang dijadwalkan pada 19 Oktober 2024 di Hatyai, Thailand. Konferensi ini bertujuan untuk mempromosikan rekonsiliasi dan ketahanan di Asia Tenggara melalui dialog agama, menjadi bukti komitmen UIN Maliki Malang dalam mempromosikan keragaman dan perdamaian di kawasan tersebut.

Diskusi juga mencakup upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, penulisan, dan publikasi ilmiah, terutama di jurnal internasional terindeks Scopus.

Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan pendidikan dan penelitian kedua negara, membuka peluang baru bagi mahasiswa dan staf untuk belajar dan berkolaborasi di tingkat global. UIN Maliki Malang terus berupaya menjadi jembatan akademik dan budaya di Asia Tenggara melalui langkah-langkah konkret dalam kerja sama internasional.

Lebih Lanjut »
Resmi Dilantik, OMIK Fakultas Psikologi Siap Bersinergi Memajukan Fakultas Psikologi
Abadi Wijaya Kamis, 25 April 2024 . in Berita . 83 views
7099_psi.jpg

HUMAS UIN MALANG | Dekan Fakultas Psikologi UIN Malang, Prof. Dr. Hj. Hidayah M.Si, Psikolog, melantik OMIK Fakultas Psikologi UIN Malang 2024 di Ruang Psychomovie, Fakultas Psikologi, Rabu, 24/4/2024.

Dalam pelantikan tersebut, pengurus OMIK Fakultas yang terdiri SEMA, DEMA, dan 4 LSO, dipimpin oleh Dekan Fakultas Psikologi, mengucapkan sumpah jabatan pengurus. 

Dekan, Prof. Dr. Hj. Hidayah M.Si, Psikolog, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan pengurus baru OMIK Fakultas Psikologi 2024. Beliau turut menyampaikan harapannya untuk kepengurusan baru agar dapat semakin aktif dalam mengembangkan Fakultas Psikologi.

"Ya semoga dengan kepengurusan baru ini, mahasiswa dapat semakin aktif dan bersinergi bersama dalam mengembangkan Fakultas Psikologi menjadi lebih baik lagi," ungkapnya.

Senada dengan Dekan, Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama,

Dr. Hj. Endah Kurniawati Purwaningtyas, M.Psi juga turut mengungkapkan harapannnya pada pengurus baru agar dapat memberikan perubahan menjadi semakin lebih baik lagi. 

"Dema dan Sema harus bersinergi dalam berogarnisasi, sehingga dapat menciptakan perubahan ke arah yang lebih baik."

Dengan terlaksanaanya pelantikan tersebut, diharapkan menjadi langkah awal OMIK Fakultas Psikologi memajukan Fakultas Psikologi serta menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk aktif dalam beroganisasi, Rabu, (24/4/2024).

 

Reporter: Rizki Ramadhani Pratama

Fotografer: Hanum

Editor: Edy Hyto

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up